(Bag 3) Virus Komputer Paling Berbahaya Dalam Sejarah Internet

  Kamis, 22 November 2018

20 Virus Komputer Paling Berbahaya Dalam Sejarah Internet



yesnetijen.web.id - Pada masa kini, semakin banyak virus komputer yang menyerang perangkat komputer dan menyebar dengan sangat cepatnya. Jutaan perangkat terkena, namun tak menjamin jika banyak komputer yang terinfeksi maka malware itu sangat berbahaya.

Bahayanya virus komputer salah-satunya adalah sebagai malware yang menggunakan konfigurasi bahasa program yang pertama kali diciptakannya dan yang tak terdekteksi sebelumnya. Hal itu disebabkan karena menggunakan "trik" bahasa program yang tak terpikir sebelumnya. Mereka adalah pioneer atau pencetus pertama konfigurasi bahasa pemrograman. Setelahnya hanyalah virus-virus peniru atau mengkombinasikannya.

Virus komputer pada awalnya tercipta dari dua hacker remaja yang iseng dan bersaing untuk menjadi pemenang, mereka kemudian membuat malware yang dirancang untuk merusak dan mengacaukan data-data milik temannya.

Sekarang dunia telah berubah, para hacker telah menjadikan virus sebagai pekerjaan profesional. Bahkan, ada para hacker yang berambisi untuk menguasai dan merusak tatanan kehidupan dunia.

Sebagian lagi, para hacker berkerja secara langsung pada pemerintah atau badan intelijen untuk melindungi keamanan negara. Berikut ini kami hadirkan 10 virus komputer paling berbahaya di dunia internet, yaitu :

 

 

11. MyDoom aka W32.MyDoom@mm / Novarg / Mimail.R / Shimgapi, (2004)

MyDoom dikenal sebagai malware terkejam pada tahun 2004 karena hingga membuat akses internet melambat. Virus ini dengan cepat menginfeksi sekitar satu juta komputer.

Virus menyebar melalui email yang tampaknya seperti pesan yang memantul (bouncing email). Ketika korban yang tidak curiga kemudian membuka email, seketika pula komputernya terinfeksi.

Kode berbahaya virus MyDoom itu kemudian mendownload file tambahannya sendiri dan mencuri buku alamat e-mail dengan menggunakan MS Outlook dan secara otomatis mengirimkan email lagi, dengan isi yang sama kepada korban-korban barunya.

Selanjutnya, dari sana menyebar lagi, dan lagi, dan lagi ke teman-teman, keluarga dan rekan korban secara terus-menerus. MyDoom menyebar lebih cepat daripada worms lain pada umumnya. Inilah sejarah virus dengan metode spam pertama hingga membuat lalu-lintas internet jadi melambat.

Hal ini membuat akses internet global melambat hingga 10 persen dan memangkas beberapa akses website sebesar 50 persen. Kodenya tidak begitu menarik, namun orang tua bisa mengajar kepada anak-anaknyabeberapa pengetahuan dasar, seperti alfabet, nama hari kerja, dan bulan.

 

 

12. Poison Ivy (2005)

yesnetijen.web.id - Poison Ivy adalah virus komputer yang sensasional dari jenis trojan, dan merupakan mimpi buruk bagi keamanan komputer pada masa itu. Komputer para korbannya seakan-akan hidup dan bernyawa.

Virus ini memungkinkan hacker untuk pertama kalinya dapat secara diam-diam mengendalikan komputer pengguna yang terinfeksi, secara penuh, dan dari jarak jauh!

Dari sinilah para perusahaan jasa keamanan internet mulai sangat serius untuk memperbaiki sistim keamanannya agar lebih baik lagi. Malware seperti Poison Ivy dikenal sebagai "trojan akses remote", karena memberikan kontrol penuh kepada pelaku melalui backdoor.

 

 

13. Zeus aka ZeuS / Zbot (2007)

Zeus pertama kali diidentifikasi pada bulan Juli 2007 ketika digunakan untuk mencuri informasi dari Departemen Perhubungan Amerika Serikat dan kemudian menjadi lebih luas penyebarannya pada bulan Maret 2009.

FBI: The Zeus Fraud Scheme

Zeus adalah virus jenis trojan horse yang digunakan sebagai "tools" atau "kit malware" yang pertama di dunia internet.

Ia menargetkan dan mengumpulkan informasi pribadi yang sangat banyak tersebar di dunia maya.

Zeus sendiri sudah diperdagangkan oleh penjahat cyber hingga saat ini, dan dijual pada jaringan bisnis untuk kejahatan cyber. Virus ini juga dapat digunakan untuk menginstal ransomware CryptoLocker.

Virus ini mampu mencuri password serta file Anda dengan mudah meskipun dapat digunakan untuk melakukan banyak tugas jahat dan kriminal.

Namun "tool" ini sering disalahgunakan, yaitu untuk mencuri informasi perbankan dengan cara mengumpulkan data dari rekaman ketikan pada keyboard oleh korban yang sedang online (man-in-the-browser keystroke logging) dan kemudian mengirim data yang didapat itu kepada sang hacker.

Pada bulan Juni 2009 perusahaan keamanan Prevx menemukan bahwa Zeus telah mengkompromikan lebih dari 74.000 akun FTP di situs web perusahaan seperti Bank of America, NASA, , ABC, Oracle, Play.com, Cisco, Amazon, dan BusinessWeek.

Pada tahun 2009, Zeus telah menginveksi sebanyak 3,6 juta komputer, itu pun baru di AS saja. FBI menyatakan bahwa virus yang berasal dari kawasan Eropa Timur ini menyebar lewat file attachment pada e-mail. Setelah terdownload, maka virus secara otomatis mengintal dirinya di dalam sistem OS Windows.

 

 

14. Agent.BTZ aka Autorun (2008)

yesnetijen.web.id - Malware Agent.BTZ dikenal karena berhasil mengacaukan sistem keamanan Pentagon! Bahkan sampai membuat Pentagon mendirikan departemen militer US Cyber ​​Command untuk mengatasi agent.btz.

Pada tahun 2008 di sebuah pangkalan militer AS di Timur Tengah, sebuah USB flash drive yang terinfeksi Agent.BTZ dimasukkan ke dalam laptop yang terpasang pada Komando Pusat Amerika Serikat.

Dari situ menyebar tanpa terdeteksi ke sistem lain. Untuk mencoba menghentikan penyebaran worm tersebut, Pentagon melarang digunakannya drive USB dan perangkat media removable apapun. Mereka juga menonaktifkan fitur autorun Windows di komputer mereka.

Malware Agent.BTZ adalah virus jenis mata-mata atau spyware, yang menyebar melalui thumb drive atau flashdisk yang telah terinfeksi oleh spyware, kemudian menginstal malware tersebut untuk mencuri data-data penting dalam komputer Anda tanpa diketahui.

Pentagon menghabiskan hampir 14 bulan untuk dapat membersihkan worm dari jaringan militer. Virus ini adalah varian dari virus SillyFDC berjenis worm, yang juga pernah menyerang secara massive terhadap militer AS pada awal tahun 2008. Kemudian Kaspersky Lab menemukan hubungan dengan spyware lainnya, termasuk Red October, Turla, dan Flame.

Peretas Rusia dianggap berada dibalik serangan Agent.BTZ tersebut, karena mereka telah menggunakan kode yang sama dengan Agen.BTZ dalam serangan sebelumnya.

Pada tahun 2010, jurnalis Amerika Noah Shachtman menulis sebuah artikel untuk menyelidiki teori bahwa worm tersebut ditulis oleh satu hacker dan tampaknya memang dirancang khusus untuk menargetkan jaringan militer.

Pada bulan Desember 2016, FBI dan DHS Amerika Serikat mengeluarkan Joint Analysis Report yang mencakup atribusi Agent.BTZ ke "Layanan Intelijen Sipil dan Militer Rusia" (Russian Civilian and Military Intelligence Services/RIS).

 

 

15. Virus Conficker aka Downup / Downandup / Kido (Okt. 2008)

Pada tahun 2009, sebuah worm komputer baru menjangkiti jutaan PC berbasis Windows di seluruh dunia, worm ini mampu mencuri data finansial dan informasi lainnya. Kompleksitas yang dimiliki worms ini membuatnya sulit untuk dihentikan dan menjadi sangat terkenal. Worms ini adalah Virus Conficker.

Conficker menyerang Windows XP dan kemudian Microsoft merilis patch untuk menghentikan worm ini pada tanggal 15 Oktober 2008. Tujuan pembuatan Conficker adalah untuk mengacaukan ahli keamanan dengan mengacaukan configuration setting. Virus ini menggunakan kelemahan pada perangkat lunak Windows dengan menggunakan serangan dari kata-kata di Teman & temanwati netijens yang dipakai pada kata kunci administrator untuk kemudian memerbanyak diri saat membentuk botnet.

Virus ini sukar dibasmi dan menyebabkannya sangat sulit juga untuk dipungkiri karena virus ini ternyata menggunakan gabungan dari banyak teknik-teknik malware yang sangat canggih!

Conficker telah menginfeksi sekitar 2.5 juta 3.5 juta PC pada 15 Januari 2009. Pada 16 Januari 2009, worm ini telah menginfeksi hampir 9 juta PC! Menjadikannya salah satu infeksi yang paling cepat menyebar dalam waktu singkat.

Worm Conficker menginfeksi jutaan komputer termasuk komputer pemerintah, bisnis dan rumah di lebih dari 190 negara, menjadikannya infeksi worm komputer terbesar sejak tahun 2003, yaitu virus Welchia sebagai virus varian yang berasal dari Blaster worm (pada poin 8).

Sumber : Indocropcycle.com



Buka File PDF Artikel     


Sebelumnya
(Bag 2) Virus Komputer Paling Berbahaya Dalam Sejarah Internet
  Berikutnya
(Bag 4) Virus Komputer Paling Berbahaya Dalam Sejarah Internet

 

(1) Komentar

avatar user

ratikno21 Mar 2019

virus jaman jadul virus ngerusak,,,jaman now jamannya malware phising,.tipu muslihat maling data akun password untuk keperluan yang lebih kompleks untuk hal2 yg gak terpikirkan oleh kita,..tapi bisa jadi bisnis buat mereka

Beri komentar





Hanya komentar yang sudah di-approve admin yang tampil.

KESIMPULAN : 20 Virus Komputer Paling Berbahaya Dalam Sejarah Internet yesnetijen.web.id - Pada masa kini, semakin banyak virus komputer yang menyerang perangkat komputer dan menyebar dengan sangat cepatnya. Jutaan perangkat terkena, namun tak menjamin jika banyak komputer yang terinfeksi maka malware itu sangat berbahaya. Bahayanya virus komputer salah-satunya adalah sebagai malware yang menggunakan konfigurasi bahasa program yang pertama kali diciptakannya dan yang tak terdekteksi sebelumnya. Hal itu disebabkan karena menggunakan "trik" bahasa program yang tak terpikir sebelumnya. Mereka adalah pioneer atau pencetus pertama konfigurasi bahasa pemrograman. Setelahnya hanyalah virus-virus peniru atau mengkombinasikannya. Virus komputer pada awalnya tercipta dari dua hacker remaja yang iseng dan bersaing untuk menjadi pemenang, mereka kemudian membuat malware yang dirancang untuk merusak dan mengacaukan data-data milik temannya. Sekarang dunia telah berubah, para hacker telah menjadikan virus sebagai pekerjaan profesional. Bahkan, ada para hacker yang berambisi untuk menguasai dan merusak tatanan kehidupan dunia. Sebagian lagi, para hacker berkerja secara langsung pada pemerintah atau badan intelijen untuk melindungi keamanan negara. Berikut ini kami hadirkan 10 virus komputer paling berbahaya di dunia internet, yaitu :     11. MyDoom aka W32.MyDoom@mm / Novarg / Mimail.R / Shimgapi, (2004) MyDoom dikenal sebagai malware terkejam pada tahun 2004 karena hingga membuat akses internet melambat. Virus ini dengan cepat menginfeksi sekitar satu juta komputer. Virus menyebar melalui email yang tampaknya seperti pesan yang memantul (bouncing email). Ketika korban yang tidak curiga kemudian membuka email, seketika pula komputernya terinfeksi. Kode berbahaya virus MyDoom itu kemudian mendownload file tambahannya sendiri dan mencuri buku alamat e-mail dengan menggunakan MS Outlook dan secara otomatis mengirimkan email lagi, dengan isi yang sama kepada korban-korban barunya. Selanjutnya, dari sana menyebar lagi, dan lagi, dan lagi ke teman-teman, keluarga dan rekan korban secara terus-menerus. MyDoom menyebar lebih cepat daripada worms lain pada umumnya. Inilah sejarah virus dengan metode spam pertama hingga membuat lalu-lintas internet jadi melambat. Hal ini membuat akses internet global melambat hingga 10 persen dan memangkas beberapa akses website sebesar 50 persen. Kodenya tidak begitu menarik, namun orang tua bisa mengajar kepada anak-anaknyabeberapa pengetahuan dasar, seperti alfabet, nama hari kerja, dan bulan.     12. Poison Ivy (2005) yesnetijen.web.id - Poison Ivy adalah virus komputer yang sensasional dari jenis trojan, dan merupakan mimpi buruk bagi keamanan komputer pada masa itu. Komputer para korbannya seakan-akan hidup dan bernyawa. Virus ini memungkinkan hacker untuk pertama kalinya dapat secara diam-diam mengendalikan komputer pengguna yang terinfeksi, secara penuh, dan dari jarak jauh! Dari sinilah para perusahaan jasa keamanan internet mulai sangat serius untuk memperbaiki sistim keamanannya agar lebih baik lagi. Malware seperti Poison Ivy dikenal sebagai "trojan akses remote", karena memberikan kontrol penuh kepada pelaku melalui backdoor.     13. Zeus aka ZeuS / Zbot (2007) Zeus pertama kali diidentifikasi pada bulan Juli 2007 ketika digunakan untuk mencuri informasi dari Departemen Perhubungan Amerika Serikat dan kemudian menjadi lebih luas penyebarannya pada bulan Maret 2009. FBI: The Zeus Fraud Scheme Zeus adalah virus jenis trojan horse yang digunakan sebagai "tools" atau "kit malware" yang pertama di dunia internet. Ia menargetkan dan mengumpulkan informasi pribadi yang sangat banyak tersebar di dunia maya. Zeus sendiri sudah diperdagangkan oleh penjahat cyber hingga saat ini, dan dijual pada jaringan bisnis untuk kejahatan cyber. Virus ini juga dapat digunakan untuk menginstal ransomware CryptoLocker. Virus ini mampu mencuri password serta file Anda dengan mudah meskipun dapat digunakan untuk melakukan banyak tugas jahat dan kriminal. Namun "tool" ini sering disalahgunakan, yaitu untuk mencuri informasi perbankan dengan cara mengumpulkan data dari rekaman ketikan pada keyboard oleh korban yang sedang online (man-in-the-browser keystroke logging) dan kemudian mengirim data yang didapat itu kepada sang hacker. Pada bulan Juni 2009 perusahaan keamanan Prevx menemukan bahwa Zeus telah mengkompromikan lebih dari 74.000 akun FTP di situs web perusahaan seperti Bank of America, NASA, , ABC, Oracle, Play.com, Cisco, Amazon, dan BusinessWeek. Pada tahun 2009, Zeus telah menginveksi sebanyak 3,6 juta komputer, itu pun baru di AS saja. FBI menyatakan bahwa virus yang berasal dari kawasan Eropa Timur ini menyebar lewat file attachment pada e-mail. Setelah terdownload, maka virus secara otomatis mengintal dirinya di dalam sistem OS Windows.     14. Agent.BTZ aka Autorun (2008) yesnetijen.web.id - Malware Agent.BTZ dikenal karena berhasil mengacaukan sistem keamanan Pentagon! Bahkan sampai membuat Pentagon mendirikan departemen militer US Cyber ​​Command untuk mengatasi agent.btz. Pada tahun 2008 di sebuah pangkalan militer AS di Timur Tengah, sebuah USB flash drive yang terinfeksi Agent.BTZ dimasukkan ke dalam laptop yang terpasang pada Komando Pusat Amerika Serikat. Dari situ menyebar tanpa terdeteksi ke sistem lain. Untuk mencoba menghentikan penyebaran worm tersebut, Pentagon melarang digunakannya drive USB dan perangkat media removable apapun. Mereka juga menonaktifkan fitur autorun Windows di komputer mereka. Malware Agent.BTZ adalah virus jenis mata-mata atau spyware, yang menyebar melalui thumb drive atau flashdisk yang telah terinfeksi oleh spyware, kemudian menginstal malware tersebut untuk mencuri data-data penting dalam komputer Anda tanpa diketahui. Pentagon menghabiskan hampir 14 bulan untuk dapat membersihkan worm dari jaringan militer. Virus ini adalah varian dari virus SillyFDC berjenis worm, yang juga pernah menyerang secara massive terhadap militer AS pada awal tahun 2008. Kemudian Kaspersky Lab menemukan hubungan dengan spyware lainnya, termasuk Red October, Turla, dan Flame. Peretas Rusia dianggap berada dibalik serangan Agent.BTZ tersebut, karena mereka telah menggunakan kode yang sama dengan Agen.BTZ dalam serangan sebelumnya. Pada tahun 2010, jurnalis Amerika Noah Shachtman menulis sebuah artikel untuk menyelidiki teori bahwa worm tersebut ditulis oleh satu hacker dan tampaknya memang dirancang khusus untuk menargetkan jaringan militer. Pada bulan Desember 2016, FBI dan DHS Amerika Serikat mengeluarkan Joint Analysis Report yang mencakup atribusi Agent.BTZ ke "Layanan Intelijen Sipil dan Militer Rusia" (Russian Civilian and Military Intelligence Services/RIS).     15. Virus Conficker aka Downup / Downandup / Kido (Okt. 2008) Pada tahun 2009, sebuah worm komputer baru menjangkiti jutaan PC berbasis Windows di seluruh dunia, worm ini mampu mencuri data finansial dan informasi lainnya. Kompleksitas yang dimiliki worms ini membuatnya sulit untuk dihentikan dan menjadi sangat terkenal. Worms ini adalah Virus Conficker. Conficker menyerang Windows XP dan kemudian Microsoft merilis patch untuk menghentikan worm ini pada tanggal 15 Oktober 2008. Tujuan pembuatan Conficker adalah untuk mengacaukan ahli keamanan dengan mengacaukan configuration setting. Virus ini menggunakan kelemahan pada perangkat lunak Windows dengan menggunakan serangan dari kata-kata di Teman & temanwati netijens yang dipakai pada kata kunci administrator untuk kemudian memerbanyak diri saat membentuk botnet. Virus ini sukar dibasmi dan menyebabkannya sangat sulit juga untuk dipungkiri karena virus ini ternyata menggunakan gabungan dari banyak teknik-teknik malware yang sangat canggih! Conficker telah menginfeksi sekitar 2.5 juta 3.5 juta PC pada 15 Januari 2009. Pada 16 Januari 2009, worm ini telah menginfeksi hampir 9 juta PC! Menjadikannya salah satu infeksi yang paling cepat menyebar dalam waktu singkat. Worm Conficker menginfeksi jutaan komputer termasuk komputer pemerintah, bisnis dan rumah di lebih dari 190 negara, menjadikannya infeksi worm komputer terbesar sejak tahun 2003, yaitu virus Welchia sebagai virus varian yang berasal dari Blaster worm (pada poin 8). Sumber : Indocropcycle.com

 

 

Step By Step Belajar HTML 5

 

 

Artikel Lainnya :