(Bag 1) Virus Komputer Paling Berbahaya Dalam Sejarah Internet

  Minggu, 18 November 2018

yesnetijen.web.id - Pada masa kini, semakin banyak virus komputer yang menyerang perangkat komputer dan menyebar dengan sangat cepatnya. Jutaan perangkat terkena, namun tak menjamin jika banyak komputer yang terinfeksi maka malware itu sangat berbahaya.

Bahayanya virus komputer salah-satunya adalah sebagai malware yang menggunakan konfigurasi bahasa program yang pertama kali diciptakannya dan yang tak terdekteksi sebelumnya. Hal itu disebabkan karena menggunakan "trik" bahasa program yang tak terpikir sebelumnya. Mereka adalah pioneer atau pencetus pertama konfigurasi bahasa pemrograman. Setelahnya hanyalah virus-virus peniru atau mengkombinasikannya.

Virus komputer pada awalnya tercipta dari dua hacker remaja yang iseng dan bersaing untuk menjadi pemenang, mereka kemudian membuat malware yang dirancang untuk merusak dan mengacaukan data-data milik temannya.

Sekarang dunia telah berubah, para hacker telah menjadikan virus sebagai pekerjaan profesional. Bahkan, ada para hacker yang berambisi untuk menguasai dan merusak tatanan kehidupan dunia.

Sebagian lagi, para hacker berkerja secara langsung pada pemerintah atau badan intelijen untuk melindungi keamanan negara. Berikut ini kami hadirkan 10 virus komputer paling berbahaya di dunia internet, yaitu :

 

 

1. Jerusalem, aka Friday 13th-440 / ArabStar / BlackBox / BlackWindow / HebrewUniversity / Israeli / PLO / Russian, (1987)

Virus Jerusalem yang punya beberapa nama panggilan dan julukan ini, adalah salah satu virus berbasis MS-DOS pertama yang menginfeksi komputer di banyak negara, universitas, lembaga dan perusahaan di seluruh dunia.

Perlu diingat, pada masa itu nyaris semua komputer belum memiliki hard disk dan penyimpan data baru menggunakan floppy disk 5″ inchi yang masih besar. Selama file tidak di aktifasi, maka virus tak menyebar. Tak bisa dibayangkan bahwa virus ini menyebar ke seluruh dunia hanya melalui floppy disk dengan cara copy-paste antar floppy disk!

Jerusalem menginfeksi ribuan komputer tanpa ampun.Pada tiap hari Jumat tanggal 13, virus menghapus semua file program yang berada pada hard drive yang terinfeksi. Layar komputer pun seketika menjadi blank! Pada era tahun 80-an, hal ini sangat luar biasa.

 

 

2. Morris aka "Internet Worm of November 2, 1988"

yesnetijen.web.id - Morris adalah virus awal dan pertama berjenis "worm" di dunia internet yang menginfeksi lebih dari 6000komputer di Amerika Serikat! Bahkan termasuk beberapa diantaranya adalah milik NASA.

Bahasa pengkode virus itu ternyata cacat, dan sengajadibuat untuk dapat mengirimkan jutaan salinan dari dirinya sendiri ke banyak komputer-komputer lainnya dengan jaringan yang berbeda-beda.

Virus ini dapat melumpuhkan semua sumber daya dari jaringan tersebut dan menyebabkan kerusakan serta kerugian dengan biaya hampir $ US100 juta dollar AS! Wow!

Ada kata-kata di dalam virus ini yang menentukan pada akhir potongan kode itu, mengatakan:

"Don"t know how many…" atau "Tidak tahu berapa banyak…"

Virus jenis "worm" adalah virus yang terdiri hanya satu file dan hal ini membuat begitu "hebohnya" kode tersebut, karena dapat mengacaukan sistem Windows untuk pertama kalinya pada masa lalu ini, hingga membuatnya disimpan ke dalam sebuah floppy disk dan dipamerkan di Boston Museum of Science atau musium ilmu pengetahuan di Boston, Amerika Serikat.

 

 

3. Melissa (1999)

Virus Melissa adalah vieus makro Microsoft Office yang dikirim melalui email kepada pengguna yang berbeda, dan virus itu memiliki kemampuan untuk "berkembang biak" pada file MS Word dan MS Excel.

Di dalam kodenya, sang pembuat virus menyisipkan kata-kata:

"Twenty-two points, plus triple-word-score, plus 50 points for using all my letters. Game"s over. I"m outta here." tulis David L. Smith, alias "Kwyjibo", penulis virus makro Microsoft Office ini, pastilah penggemar Simpsons.

Selain itu virus Melissa juga dapat menyebar otomatis dengan cara mengirim dirinya sendiri ke e-mail semua teman dan kerabat anda (mass-mail) dengan cara membaca alamat e-mail, lalu memanfaatkan aplikasi Outlook.

Ini adalah virus yang pertama kali memanfaatkan cara semacam itu, akibatnya membuat overloading server di dunia internet pada masa itu. Tak hanya komputer di seluruh dunia, akibat virus ini, komputer FBI dan kepolisian AS juga ikut terkena.

Virus ini membuat kerugian kepada semua komputer pribadi dan pemerintah sebesar US $80 juta dollar. Pada 10 Desember 1999, Smith ditangkap dan dinyatakan bersalah lalu mendapat hukuman selama 10 tahun penjara dan 20 bulan masa percobaan. Ia di denda sebesar US $5,000.

 

 

4. Love Letter / ILOVEYOU / Lovebug (May, 2000)

yesnetijen.web.id - Kembali pada tahun 2000, jutaan orang membuat kesalahan dengan membuka lampiran e-mail yang berlabel sederhana, "I Love You". Dua orang programmerusia sekolah dari sebuah distrik bernama Pandacan di kota Manila, Filipina.

Mungkin mereka tak pernah mengira bahwa ia akan menulis sebuah "bug" yang akan terkenal ini, hanya dari dalam kelasnya. Ia adalah Reonel Ramones dan Onel de Guzman.

Jika file virus dibuka, maka akan menghapus semua file "jpeg" dan "jpg" di semua direktori dari semua disk! Hasil yang sama sekali tidak terdengar sangat romantis.

Alih-alih mengungkapkan pengakuan tulus dari seorang pengagum yang misterius untuk sang idola, tetapi sebaliknya, sebuah program berbahaya telah tercipta. Kode script itu justru akan menimpa file gambar sang pengguna jika telah diaktifkan karena kecerobohannya sendiri.

Virus ini awalnya terdeteksi pada 5 Mei 2000 di Filipina, lalu menyebar ke Hong Kong, Eropa dan kemudian ke Amerika. Akibatnya, virus tersebut menyerang hingga ke Pentagon, CIA dan parlemen Inggris.

Kode virus ini memakai bahasa Microsoft Visual Basic Scripting (VBS) yang dipakai Microsoft Outlook pada OS Windows.

Virus ILOVEYOU menyebabkan kerugian sebesar US$5.5–8.7 billion dollar di seluruh dunia. Dan untuk memulihkannya, membutuhkan US$15 billion dollar! Kedua programmer itu sempat ditahan, namun akhirnya dilepaskan kembali oleh pengadilan Filipina dengan jaminan.

Dua tahun kemudian pada tahun 2002, virus Love Letterdianggap sebagai virus yang paling jahat pada zamannya, dan merupakan virus komputer pertama yang memakai rekayasa sosial. Asmaranya menyebar ke seantero dunia maya melalui e-mail.

Mereka menulis dalam sisipan kodenya, dengan subject:

Subject: ILOVEYOU,
Lampiran: LOVE–LETTER–FOR-YOU.TXT.VBS,
Pesan: "silakan cek LoveLetter terpasang yangberasal dari saya"

 

 

5. Code Red (Juli, 2001)

Code Red adalah virus komputer jenis worm, diketahui keberadaannya pada 15 juli 2001 dan menginfeksi hampir seluruh komputer di dunia pada tahun 2001. Code Red berhasil merusak website whitehouse.gov dan memaksa badan-badan pemerintah lainnya untuk memback-up datanya sementara. Pertama kali virus ini terdeteksi oleh para karyawan dari eEye Digital Security.

Mereka adalah Marc Maiffret, Ryan Permeh dan Riley Hassell, yang kala itu mereka sedang minum minuman ringan merk Mountain Dew yang berwarna merah, bernama Code Red.

Dari minuman yang sedang mereka minum itulah, akhirnya nama virus ini mereka juluki "The Code Red".

Virus ini memakai Internet Informatin Server (IIS) milik Microsoft. Penciptaan bahasa kode kecil yang jahat initelah menginfeksi puluhan ribu komputer yangmenggunakan sistim operasi Microsoft Windows NTdan Windows 2000 sebagai server pada awal abad ke-21 tersebut.

Code Red merusak halaman web, menyerang dengan teks "Hacked by Chinese!". Virus itu bisa dijalankan sepenuhnya oleh memori, tanpa meninggalkan jejak fileatau jejak apapun! Kerusakan tersebut menyebabkankerugian yang diperkirakan mencapai $ US 2 miliar dollar.

Pada 4 Agustus 2001, virus Code Red II muncul. Ia adalah varian dari Code Red. Cara penularannya sama namun memiliki kode yang agak berbeda. Perusahaan keamanan internet eEye kemudian percaya bahwa worm ini aslinya berasal dari daerah Makati City, Filipina, daerah yang sama dari virus jenis worm sebelumnya, yaitu VBS/Loveletter aka "ILOVEYOU" (pada poin 4).

Sumber : Indocropcycle.com



Buka File PDF Artikel     


Sebelumnya
Dari Tas Hingga Sepatu Ini Dibuat dari Jeans Bekas
  Berikutnya
(Bag 2) Virus Komputer Paling Berbahaya Dalam Sejarah Internet

 

(0) Komentar

Beri komentar





Hanya komentar yang sudah di-approve admin yang tampil.

KESIMPULAN : yesnetijen.web.id - Pada masa kini, semakin banyak virus komputer yang menyerang perangkat komputer dan menyebar dengan sangat cepatnya. Jutaan perangkat terkena, namun tak menjamin jika banyak komputer yang terinfeksi maka malware itu sangat berbahaya. Bahayanya virus komputer salah-satunya adalah sebagai malware yang menggunakan konfigurasi bahasa program yang pertama kali diciptakannya dan yang tak terdekteksi sebelumnya. Hal itu disebabkan karena menggunakan "trik" bahasa program yang tak terpikir sebelumnya. Mereka adalah pioneer atau pencetus pertama konfigurasi bahasa pemrograman. Setelahnya hanyalah virus-virus peniru atau mengkombinasikannya. Virus komputer pada awalnya tercipta dari dua hacker remaja yang iseng dan bersaing untuk menjadi pemenang, mereka kemudian membuat malware yang dirancang untuk merusak dan mengacaukan data-data milik temannya. Sekarang dunia telah berubah, para hacker telah menjadikan virus sebagai pekerjaan profesional. Bahkan, ada para hacker yang berambisi untuk menguasai dan merusak tatanan kehidupan dunia. Sebagian lagi, para hacker berkerja secara langsung pada pemerintah atau badan intelijen untuk melindungi keamanan negara. Berikut ini kami hadirkan 10 virus komputer paling berbahaya di dunia internet, yaitu :     1. Jerusalem, aka Friday 13th-440 / ArabStar / BlackBox / BlackWindow / HebrewUniversity / Israeli / PLO / Russian, (1987) Virus Jerusalem yang punya beberapa nama panggilan dan julukan ini, adalah salah satu virus berbasis MS-DOS pertama yang menginfeksi komputer di banyak negara, universitas, lembaga dan perusahaan di seluruh dunia. Perlu diingat, pada masa itu nyaris semua komputer belum memiliki hard disk dan penyimpan data baru menggunakan floppy disk 5″ inchi yang masih besar. Selama file tidak di aktifasi, maka virus tak menyebar. Tak bisa dibayangkan bahwa virus ini menyebar ke seluruh dunia hanya melalui floppy disk dengan cara copy-paste antar floppy disk! Jerusalem menginfeksi ribuan komputer tanpa ampun.Pada tiap hari Jumat tanggal 13, virus menghapus semua file program yang berada pada hard drive yang terinfeksi. Layar komputer pun seketika menjadi blank! Pada era tahun 80-an, hal ini sangat luar biasa.     2. Morris aka "Internet Worm of November 2, 1988" yesnetijen.web.id - Morris adalah virus awal dan pertama berjenis "worm" di dunia internet yang menginfeksi lebih dari 6000komputer di Amerika Serikat! Bahkan termasuk beberapa diantaranya adalah milik NASA. Bahasa pengkode virus itu ternyata cacat, dan sengajadibuat untuk dapat mengirimkan jutaan salinan dari dirinya sendiri ke banyak komputer-komputer lainnya dengan jaringan yang berbeda-beda. Virus ini dapat melumpuhkan semua sumber daya dari jaringan tersebut dan menyebabkan kerusakan serta kerugian dengan biaya hampir $ US100 juta dollar AS! Wow! Ada kata-kata di dalam virus ini yang menentukan pada akhir potongan kode itu, mengatakan: "Don"t know how many…" atau "Tidak tahu berapa banyak…" Virus jenis "worm" adalah virus yang terdiri hanya satu file dan hal ini membuat begitu "hebohnya" kode tersebut, karena dapat mengacaukan sistem Windows untuk pertama kalinya pada masa lalu ini, hingga membuatnya disimpan ke dalam sebuah floppy disk dan dipamerkan di Boston Museum of Science atau musium ilmu pengetahuan di Boston, Amerika Serikat.     3. Melissa (1999) Virus Melissa adalah vieus makro Microsoft Office yang dikirim melalui email kepada pengguna yang berbeda, dan virus itu memiliki kemampuan untuk "berkembang biak" pada file MS Word dan MS Excel. Di dalam kodenya, sang pembuat virus menyisipkan kata-kata: "Twenty-two points, plus triple-word-score, plus 50 points for using all my letters. Game"s over. I"m outta here." tulis David L. Smith, alias "Kwyjibo", penulis virus makro Microsoft Office ini, pastilah penggemar Simpsons. Selain itu virus Melissa juga dapat menyebar otomatis dengan cara mengirim dirinya sendiri ke e-mail semua teman dan kerabat anda (mass-mail) dengan cara membaca alamat e-mail, lalu memanfaatkan aplikasi Outlook. Ini adalah virus yang pertama kali memanfaatkan cara semacam itu, akibatnya membuat overloading server di dunia internet pada masa itu. Tak hanya komputer di seluruh dunia, akibat virus ini, komputer FBI dan kepolisian AS juga ikut terkena. Virus ini membuat kerugian kepada semua komputer pribadi dan pemerintah sebesar US $80 juta dollar. Pada 10 Desember 1999, Smith ditangkap dan dinyatakan bersalah lalu mendapat hukuman selama 10 tahun penjara dan 20 bulan masa percobaan. Ia di denda sebesar US $5,000.     4. Love Letter / ILOVEYOU / Lovebug (May, 2000) yesnetijen.web.id - Kembali pada tahun 2000, jutaan orang membuat kesalahan dengan membuka lampiran e-mail yang berlabel sederhana, "I Love You". Dua orang programmerusia sekolah dari sebuah distrik bernama Pandacan di kota Manila, Filipina. Mungkin mereka tak pernah mengira bahwa ia akan menulis sebuah "bug" yang akan terkenal ini, hanya dari dalam kelasnya. Ia adalah Reonel Ramones dan Onel de Guzman. Jika file virus dibuka, maka akan menghapus semua file "jpeg" dan "jpg" di semua direktori dari semua disk! Hasil yang sama sekali tidak terdengar sangat romantis. Alih-alih mengungkapkan pengakuan tulus dari seorang pengagum yang misterius untuk sang idola, tetapi sebaliknya, sebuah program berbahaya telah tercipta. Kode script itu justru akan menimpa file gambar sang pengguna jika telah diaktifkan karena kecerobohannya sendiri. Virus ini awalnya terdeteksi pada 5 Mei 2000 di Filipina, lalu menyebar ke Hong Kong, Eropa dan kemudian ke Amerika. Akibatnya, virus tersebut menyerang hingga ke Pentagon, CIA dan parlemen Inggris. Kode virus ini memakai bahasa Microsoft Visual Basic Scripting (VBS) yang dipakai Microsoft Outlook pada OS Windows. Virus ILOVEYOU menyebabkan kerugian sebesar US$5.5–8.7 billion dollar di seluruh dunia. Dan untuk memulihkannya, membutuhkan US$15 billion dollar! Kedua programmer itu sempat ditahan, namun akhirnya dilepaskan kembali oleh pengadilan Filipina dengan jaminan. Dua tahun kemudian pada tahun 2002, virus Love Letterdianggap sebagai virus yang paling jahat pada zamannya, dan merupakan virus komputer pertama yang memakai rekayasa sosial. Asmaranya menyebar ke seantero dunia maya melalui e-mail. Mereka menulis dalam sisipan kodenya, dengan subject: Subject: ILOVEYOU, Lampiran: LOVE–LETTER–FOR-YOU.TXT.VBS, Pesan: "silakan cek LoveLetter terpasang yangberasal dari saya"     5. Code Red (Juli, 2001) Code Red adalah virus komputer jenis worm, diketahui keberadaannya pada 15 juli 2001 dan menginfeksi hampir seluruh komputer di dunia pada tahun 2001. Code Red berhasil merusak website whitehouse.gov dan memaksa badan-badan pemerintah lainnya untuk memback-up datanya sementara. Pertama kali virus ini terdeteksi oleh para karyawan dari eEye Digital Security. Mereka adalah Marc Maiffret, Ryan Permeh dan Riley Hassell, yang kala itu mereka sedang minum minuman ringan merk Mountain Dew yang berwarna merah, bernama Code Red. Dari minuman yang sedang mereka minum itulah, akhirnya nama virus ini mereka juluki "The Code Red". Virus ini memakai Internet Informatin Server (IIS) milik Microsoft. Penciptaan bahasa kode kecil yang jahat initelah menginfeksi puluhan ribu komputer yangmenggunakan sistim operasi Microsoft Windows NTdan Windows 2000 sebagai server pada awal abad ke-21 tersebut. Code Red merusak halaman web, menyerang dengan teks "Hacked by Chinese!". Virus itu bisa dijalankan sepenuhnya oleh memori, tanpa meninggalkan jejak fileatau jejak apapun! Kerusakan tersebut menyebabkankerugian yang diperkirakan mencapai $ US 2 miliar dollar. Pada 4 Agustus 2001, virus Code Red II muncul. Ia adalah varian dari Code Red. Cara penularannya sama namun memiliki kode yang agak berbeda. Perusahaan keamanan internet eEye kemudian percaya bahwa worm ini aslinya berasal dari daerah Makati City, Filipina, daerah yang sama dari virus jenis worm sebelumnya, yaitu VBS/Loveletter aka "ILOVEYOU" (pada poin 4). Sumber : Indocropcycle.com

 

 

Step By Step Belajar HTML 5

 

 

Artikel Lainnya :