(Bag 3) Lokasi Paling Angker dan Misterius Di Jakarta

  Senin, 08 Oktober 2018

yesnetijen.web.id - Seperti kita ketahui bahwa tempat-tempat angker banyak terdapat ditiap sudut lokasi, dari dusun dan desa hingga ke kota megapolitan besar seperti Jakarta.

 

 

8. Terowongan Casablanca

Lokasi: Terowongan underpass antara kawasan Kuningan dan kawasan Tebet

Terowongan (jalan lintas bawah tanah atau underpass) yang ada dibawah jalan Kuningan (Jalan Rasuna Said) dikatakan angker karena pernah ditemukan, seorang lelaki setengah baya gantung diri dengan menggunakan kain spanduk. Casablanca adalah nama sebuah jalan penghubung antara jalan Jenderal Sudirman dan Kawasan Kuningan dalam hal ini jalan HR Rasuna Said.

Selain itu, kadang juga terlihat adanya sosok makhluk astral yang sedang jalan dipinggir trotoar karena kawasan ini juga banyak pengalaman mistiknya. Salah satunya adalah pengalaman tukang ojek yang kadang mangkal di depan area pemakaman.

Menurut tukang ojek di kwawasan itu, pernah ada seorang wanita minta diantar ke perumahan dibelakang pemakaman. Dengan alasan untuk mempercepat waktu, sang wanita minta diantar dengan jalur memotong ke dalam area pemakaman yang menembus ke area perumahan dibelakangnya.

Saat diantar, wanita tersebut tak terlihat oleh orang lain dan seakan kita sedang mengendarai motor sendirian. Ia biasanya minta diturunkan dibawah pohon yang berada ditengah pemakaman. Setelah sang wanita turun dari motor dan membayar dengan uang yang ternyata hanyalah sepotong daun, tiba-tiba sang wanita terbang keatas pohon dan menghilang.

Tapi jauh sebelum ada jalan Casablanca dibuat, kawasan ini adalah sebuah tempat pemakaman umum Menteng Pulo. Pada waktu itu antara jalan jenderal Sudirman, jalan HR Rasuna Said (daerah Kuningan) dan jalan Dr Satrio (daerah Tebet) hanya terhubung oleh jalan kecil.

Nah, untuk memperbesar lajur jalan, lalu dibuatlah jalan ini untuk mengubungkan secara horisantal terhadap jalan-jalan utama tersebut. Pemakaman umum Menteng Pulo ini tepatnya berada diantara jalan HR Rasuna Said, Kuningan dan Dr Satrio, Tebet.

Jadi sebelum dibuat jalan Casablanca, pertama-tama developer harus membebaskan jalur jalan dari batu-batu nisan di area pemakaman. Oleh karena itu, maka ratusan makam di areal pemakaman Menteng Pulo ini harus dipindah. Bisa jadi pada waktu itu, mungkin ini adalah proses "pemindahan massal" pemakaman umum terbesar di Indonesia.

Setelah pemindahan ratusan makam ini selesai, maka dibuatlah jalan Casablanca yang tadinya bernama jalan Karet Kuningan yang jauh lebih kecil ini. Kini, dengan jalur yang lebih lebar, maka diharapkan kemacetan ibukota akan terurai. Oleh karenanya, jika anda lewat kawasan ini akan terlihat tempat pemakaman umum Menteng Pulo di kanan-kiri jalan yang seolah-oleh telah "dibelah".

Jadi, jika suatu saat anda melewati jalan Casablanca antara Kuningan dan Tebet, perlu diingat bahwa anda sedang melalui area makam yang tadinya banyak terdapat batu nisan, baru tahukah anda? Awas jika tiba-tiba ada makhluk astral yang ikut membonceng dibelakang, jangan lupa untuk permisi dan membunyikan klakson dan lihat ke kaca spion! 🙂

Begitu melegendanya peristiwa-peristiwa di area pemakaman Menteng Pulo dekat underpass Casablanca ini, maka dibuatlah sebuah film yang berjudul sama, Terowongan Casablanca.

 

 

9. TPU Jeruk Purut

Lokasi: Tempat Pemakaman Umum Jeruk Purut, Jakarta Selatan

yesnetijen.web.id - Jeruk Purut dikatakan angker karena makam ini termasuk salah satu makam tua dan sudah ada sejak zaman Belanda yang dulunya adalah hutan alang-alang dan perkebunan. Konon TPU ini terkenal angkernya oleh penampakan sosok seorang Belanda yang berwujud Hantu Pastur.

Makhluk astral itu menampakkan dirinya dengan busana kepasturan dan berlajan pelan disepanjang jalan di kuburan itu sambil membawa kepalaya sendiri yang sudah terpenggal. Sedangkan tangan satunya memegang sebuah lentera minyak dan penampakannya juga kadang ditemani oleh seekor anjing berwarna hitam.

Pada larut malam hingga awal tahun 90-an pun, kawasan ini masih sepi dan gelap. Pernah dikisahkan, seorang pemuda sedang dalam perjalanan pulang dengan mobilnya melewati kawasan yang masih sepi dan gelap ini setelah mengisi akhir pekannya dilarut malam menjelang subuh.

Tiba-tiba ia melihat dari kejauhan ada sosok berdiri ditengah jalan dengan lampu yang redup, sang pemuda pun berusaha memperlambat mobilnya, namun anehnya mesin mobilnya justru mati dengan sendirinya. Setelah hanya beberapa meter dari sosok itu, tiba-tiba seekor anjing menyebrangi pas didepan mobilnya dengan cara melayang diatas aspal.

Masih dengan pandangan aneh dan bingung, lalu sang pemuda kembali melihat sosok orang yang sedang membawa lampu minyak dengan nyala yang redup itu. Sontak kaget bukan kepalang, ketika sang pemuda melihat sosok tersebut tanpa kepala dan justru makhluk astral itu sedang memegang kepalanya sendiri dengan cara menjambak rambutnya. Sang pemuda pun pingsan.

Pemuda itu baru sadar setelah kaca mobilnya digedor-gedor sekelompok warga. Setelah siuman ia kaget lagi karena hari telah pagi dan orang-orang sedang sibuk masuk kerja, ia dan mobilnya yang berhenti ditengah jalan ternyata telah membuat jalanan tersebut macet.

Lalu mobilnya dibantu didorong oleh sejumlah warga sekitar, lalu pemuda itupun menceritakan pengalamannya tersebut kepada warga yang telah berkumpul. Dari legenda ini diceritakan bahwa sang Pastur tersebut meninggal dibunuh entah kenapa dengan cara dipenggal pada zaman penjajahan Belanda.

Pada saat ini, kawasan tersebut sudah ramai oleh perumahan, kantor dan apartemen, jalanannya pun telah lebar dan terang benderang dimalam hari, maka legenda ini pun berangsur redam.

Namun sejak tahun 90-an hingga kini kawasan ini kadang tetap dikunjungi oleh warga terutama anak muda dari jauh akibat peristiwa-peristiwa mistis sejak zaman dahulu itu.

Mereka kesana hanya untuk sekedar ingin mencoba nyalinya dan ingin mengetahui suasana di dalam kompleks pemakaman tersebut. Untuk mencegah hal ini, maka dibuatlah portal di pintu masuk areal pemakaman untuk menghindari kelompok anak-anak muda yang penasaranakan legenda ini.

Akhirnya legenda lama di kawasan Jakarta Selatan yang pada dahulunya jarang yang mengetahuinya ini dibuat juga ke dalam sebuah film dengan judul Hantu Jeruk Purut.

 

 

10. Jembatan Ancol

Lokasi: Jembatan-III masuk ke Ancol, Jakarta Utara, lalu melebar ke sekitar Ancol

yesnetijen.web.id - Jembatan Ancol pada saat ini berada di atas kali Ancol atau pada zaman Belanda disebut Kanaal Antjol. Jembatan itu dikatakan angker karena ditempat ini sering terlihat sosok hantu berwujud seorang wanita cantik. Ia adalah seorang wanita yang diperkosa dan dibunuh lalu mayatnya dibuang ke kali Ancol pada masa lalu.

Lukisan si Manis jembatan ancol yang berhasil dilukis.

Kejadian itu telah berlangsung puluhan tahun yang lalu, disaat daerah Ancol masih merupakan rawa-rawa dan ilalang serta hutan bakau, juga masih terdapat empang serta tambak ikan.

Pada masa lalu belum lama setelah ia meninggal, pernah diceritakan seorang nelayan perahu getek untuk penyebrangan kali Ancol melihat sosok ini, bahkan ia minta disebrangkan di malam hari.

Tanpa curiga, sang nelayan menyebrangkannya hingga ke pinggir kali di sisi Ancol. Pak Nelayan tua itu baru sadar setelah wanita itu tiba-tiba menghilang di dekatnya, dan uang pemberian wanita itu ternyata hanyalah selembar daun.

Ada pula seorang pelukis di pasar seni Ancol yang mengaku melukis sosok wanita ini di waktu malam telah larut. Wanita ini minta dikukis, pada saat lukisan setengah jadi, tiba-tiba wanita ini menghilang.

 

Poster film Si Manis Jembatan Ancol (1973) Director: Turino Junaidy, Writer: Turino Junaidy, Stars: Farouk Afero, Kris Biantoro and Nadia Giovanna

Beberapa pedagang warung rokok juga bersaksi bahwa pada larut malam pernah di satroni oleh wanita ini. Penduduk setempat biasa memanggilnya dengan sebutan "si manis jembatan ancol".

Kawasan kompleks Ancol yang sangat luas juga membuat banyak titik-titik lokasi mistis yang lainnya, seperti bekas hotel Horizon yang di loby dan kamarnya kadang ada penampakan.

Juga penginapan Putri Duyung Ancol, salah satu bangunan putri duyung ancol pernah ada suatu kejadian dimana seorang wanita simpanan terbunuh secara mengenaskan.

 

Selain itu, keangkeran kawasan Ancol juga melebar, hingga keluar daerah kompleks Ancol, seperti di Kali Sunter Ancol yang angker karena pernah ada satu bus Metromini yang terperosok ke dalam kali Sunter ini sehingga akhirnya menenggelamkan sebagian besar para penumpangnya.

Seiring waktu disaat ini, kawasan wisata pantai satu-satunya di Jakarta tersebut telah ramai dikunjungi warga baik siang ataupun malam.

Selain itu, kini banyak pula apartemen megah di dalamnya, namun kesan dan aura angker masih dapat dirasakan, dan kadang masih tetap terlihat.

Begitu terkenalnya legenda angker diseputar kawasan Ancol sejak dulu, membuat beberapa sutradara mengangkat legenda ini ke dalam sebuah film. Film pertama tentang si Manis diproduksi tahun 1973, lalu dibuat lagi film tentang si Manis ini di era tahun 2000.

Karena film terakhir ini laku maka dibuat lagi edisi kedua (part-2), bahkan legenda si Manis Jembatan Ancol diproduksi pula untuk menjadi sebuah sinetron berseri. Begitu penasarannya para penonton khususnya yang berdomisili di Jakarta, mungkin karena mengingat bahwa legenda ini adalah salah-satu legenda mistis paling tua yang ada di Jakarta

 

------

Tempat-tempat tersebut adalah tempat yang yang paling kental dengan aroma mistis, paling fenomenal serta misterius diantara puluhan malah mungkin ratusan tempat angker lainnya yang tersebar di Jakarta dan sekitarnya.

Tapi perlu diingat pula, bahwa film-film bioskop yang mengangkat cerita- cerita misteri yang telah melegenda tersebut, tidak selalu akurat 100% .

Terkadang adegan dan jalan cerita serta kondisi di dalam film sering ditambahi oleh cerita-cerita dan dibumbui oleh peristiwa yang menyimpang agar film tersebut terlihat lebih seram, lebih mencekam dan lebih dramatis, serta enak dan seru untuk ditonton.

Sumber : indocropcircle.com



Buka File PDF Artikel     


Sebelumnya
(Bag 2) Lokasi Paling Angker dan Misterius Di Jakarta
  Berikutnya
Gunung Paling Angker di Indonesia

 

(0) Komentar

Beri komentar





Hanya komentar yang sudah di-approve admin yang tampil.

KESIMPULAN : yesnetijen.web.id - Seperti kita ketahui bahwa tempat-tempat angker banyak terdapat ditiap sudut lokasi, dari dusun dan desa hingga ke kota megapolitan besar seperti Jakarta.     8. Terowongan Casablanca Lokasi: Terowongan underpass antara kawasan Kuningan dan kawasan Tebet Terowongan (jalan lintas bawah tanah atau underpass) yang ada dibawah jalan Kuningan (Jalan Rasuna Said) dikatakan angker karena pernah ditemukan, seorang lelaki setengah baya gantung diri dengan menggunakan kain spanduk. Casablanca adalah nama sebuah jalan penghubung antara jalan Jenderal Sudirman dan Kawasan Kuningan dalam hal ini jalan HR Rasuna Said. Selain itu, kadang juga terlihat adanya sosok makhluk astral yang sedang jalan dipinggir trotoar karena kawasan ini juga banyak pengalaman mistiknya. Salah satunya adalah pengalaman tukang ojek yang kadang mangkal di depan area pemakaman. Menurut tukang ojek di kwawasan itu, pernah ada seorang wanita minta diantar ke perumahan dibelakang pemakaman. Dengan alasan untuk mempercepat waktu, sang wanita minta diantar dengan jalur memotong ke dalam area pemakaman yang menembus ke area perumahan dibelakangnya. Saat diantar, wanita tersebut tak terlihat oleh orang lain dan seakan kita sedang mengendarai motor sendirian. Ia biasanya minta diturunkan dibawah pohon yang berada ditengah pemakaman. Setelah sang wanita turun dari motor dan membayar dengan uang yang ternyata hanyalah sepotong daun, tiba-tiba sang wanita terbang keatas pohon dan menghilang. Tapi jauh sebelum ada jalan Casablanca dibuat, kawasan ini adalah sebuah tempat pemakaman umum Menteng Pulo. Pada waktu itu antara jalan jenderal Sudirman, jalan HR Rasuna Said (daerah Kuningan) dan jalan Dr Satrio (daerah Tebet) hanya terhubung oleh jalan kecil. Nah, untuk memperbesar lajur jalan, lalu dibuatlah jalan ini untuk mengubungkan secara horisantal terhadap jalan-jalan utama tersebut. Pemakaman umum Menteng Pulo ini tepatnya berada diantara jalan HR Rasuna Said, Kuningan dan Dr Satrio, Tebet. Jadi sebelum dibuat jalan Casablanca, pertama-tama developer harus membebaskan jalur jalan dari batu-batu nisan di area pemakaman. Oleh karena itu, maka ratusan makam di areal pemakaman Menteng Pulo ini harus dipindah. Bisa jadi pada waktu itu, mungkin ini adalah proses "pemindahan massal" pemakaman umum terbesar di Indonesia. Setelah pemindahan ratusan makam ini selesai, maka dibuatlah jalan Casablanca yang tadinya bernama jalan Karet Kuningan yang jauh lebih kecil ini. Kini, dengan jalur yang lebih lebar, maka diharapkan kemacetan ibukota akan terurai. Oleh karenanya, jika anda lewat kawasan ini akan terlihat tempat pemakaman umum Menteng Pulo di kanan-kiri jalan yang seolah-oleh telah "dibelah". Jadi, jika suatu saat anda melewati jalan Casablanca antara Kuningan dan Tebet, perlu diingat bahwa anda sedang melalui area makam yang tadinya banyak terdapat batu nisan, baru tahukah anda? Awas jika tiba-tiba ada makhluk astral yang ikut membonceng dibelakang, jangan lupa untuk permisi dan membunyikan klakson dan lihat ke kaca spion! 🙂 Begitu melegendanya peristiwa-peristiwa di area pemakaman Menteng Pulo dekat underpass Casablanca ini, maka dibuatlah sebuah film yang berjudul sama, Terowongan Casablanca.     9. TPU Jeruk Purut Lokasi: Tempat Pemakaman Umum Jeruk Purut, Jakarta Selatan yesnetijen.web.id - Jeruk Purut dikatakan angker karena makam ini termasuk salah satu makam tua dan sudah ada sejak zaman Belanda yang dulunya adalah hutan alang-alang dan perkebunan. Konon TPU ini terkenal angkernya oleh penampakan sosok seorang Belanda yang berwujud Hantu Pastur. Makhluk astral itu menampakkan dirinya dengan busana kepasturan dan berlajan pelan disepanjang jalan di kuburan itu sambil membawa kepalaya sendiri yang sudah terpenggal. Sedangkan tangan satunya memegang sebuah lentera minyak dan penampakannya juga kadang ditemani oleh seekor anjing berwarna hitam. Pada larut malam hingga awal tahun 90-an pun, kawasan ini masih sepi dan gelap. Pernah dikisahkan, seorang pemuda sedang dalam perjalanan pulang dengan mobilnya melewati kawasan yang masih sepi dan gelap ini setelah mengisi akhir pekannya dilarut malam menjelang subuh. Tiba-tiba ia melihat dari kejauhan ada sosok berdiri ditengah jalan dengan lampu yang redup, sang pemuda pun berusaha memperlambat mobilnya, namun anehnya mesin mobilnya justru mati dengan sendirinya. Setelah hanya beberapa meter dari sosok itu, tiba-tiba seekor anjing menyebrangi pas didepan mobilnya dengan cara melayang diatas aspal. Masih dengan pandangan aneh dan bingung, lalu sang pemuda kembali melihat sosok orang yang sedang membawa lampu minyak dengan nyala yang redup itu. Sontak kaget bukan kepalang, ketika sang pemuda melihat sosok tersebut tanpa kepala dan justru makhluk astral itu sedang memegang kepalanya sendiri dengan cara menjambak rambutnya. Sang pemuda pun pingsan. Pemuda itu baru sadar setelah kaca mobilnya digedor-gedor sekelompok warga. Setelah siuman ia kaget lagi karena hari telah pagi dan orang-orang sedang sibuk masuk kerja, ia dan mobilnya yang berhenti ditengah jalan ternyata telah membuat jalanan tersebut macet. Lalu mobilnya dibantu didorong oleh sejumlah warga sekitar, lalu pemuda itupun menceritakan pengalamannya tersebut kepada warga yang telah berkumpul. Dari legenda ini diceritakan bahwa sang Pastur tersebut meninggal dibunuh entah kenapa dengan cara dipenggal pada zaman penjajahan Belanda. Pada saat ini, kawasan tersebut sudah ramai oleh perumahan, kantor dan apartemen, jalanannya pun telah lebar dan terang benderang dimalam hari, maka legenda ini pun berangsur redam. Namun sejak tahun 90-an hingga kini kawasan ini kadang tetap dikunjungi oleh warga terutama anak muda dari jauh akibat peristiwa-peristiwa mistis sejak zaman dahulu itu. Mereka kesana hanya untuk sekedar ingin mencoba nyalinya dan ingin mengetahui suasana di dalam kompleks pemakaman tersebut. Untuk mencegah hal ini, maka dibuatlah portal di pintu masuk areal pemakaman untuk menghindari kelompok anak-anak muda yang penasaranakan legenda ini. Akhirnya legenda lama di kawasan Jakarta Selatan yang pada dahulunya jarang yang mengetahuinya ini dibuat juga ke dalam sebuah film dengan judul Hantu Jeruk Purut.     10. Jembatan Ancol Lokasi: Jembatan-III masuk ke Ancol, Jakarta Utara, lalu melebar ke sekitar Ancol yesnetijen.web.id - Jembatan Ancol pada saat ini berada di atas kali Ancol atau pada zaman Belanda disebut Kanaal Antjol. Jembatan itu dikatakan angker karena ditempat ini sering terlihat sosok hantu berwujud seorang wanita cantik. Ia adalah seorang wanita yang diperkosa dan dibunuh lalu mayatnya dibuang ke kali Ancol pada masa lalu. Lukisan si Manis jembatan ancol yang berhasil dilukis. Kejadian itu telah berlangsung puluhan tahun yang lalu, disaat daerah Ancol masih merupakan rawa-rawa dan ilalang serta hutan bakau, juga masih terdapat empang serta tambak ikan. Pada masa lalu belum lama setelah ia meninggal, pernah diceritakan seorang nelayan perahu getek untuk penyebrangan kali Ancol melihat sosok ini, bahkan ia minta disebrangkan di malam hari. Tanpa curiga, sang nelayan menyebrangkannya hingga ke pinggir kali di sisi Ancol. Pak Nelayan tua itu baru sadar setelah wanita itu tiba-tiba menghilang di dekatnya, dan uang pemberian wanita itu ternyata hanyalah selembar daun. Ada pula seorang pelukis di pasar seni Ancol yang mengaku melukis sosok wanita ini di waktu malam telah larut. Wanita ini minta dikukis, pada saat lukisan setengah jadi, tiba-tiba wanita ini menghilang.   Poster film Si Manis Jembatan Ancol (1973) Director: Turino Junaidy, Writer: Turino Junaidy, Stars: Farouk Afero, Kris Biantoro and Nadia Giovanna Beberapa pedagang warung rokok juga bersaksi bahwa pada larut malam pernah di satroni oleh wanita ini. Penduduk setempat biasa memanggilnya dengan sebutan "si manis jembatan ancol". Kawasan kompleks Ancol yang sangat luas juga membuat banyak titik-titik lokasi mistis yang lainnya, seperti bekas hotel Horizon yang di loby dan kamarnya kadang ada penampakan. Juga penginapan Putri Duyung Ancol, salah satu bangunan putri duyung ancol pernah ada suatu kejadian dimana seorang wanita simpanan terbunuh secara mengenaskan.   Selain itu, keangkeran kawasan Ancol juga melebar, hingga keluar daerah kompleks Ancol, seperti di Kali Sunter Ancol yang angker karena pernah ada satu bus Metromini yang terperosok ke dalam kali Sunter ini sehingga akhirnya menenggelamkan sebagian besar para penumpangnya. Seiring waktu disaat ini, kawasan wisata pantai satu-satunya di Jakarta tersebut telah ramai dikunjungi warga baik siang ataupun malam. Selain itu, kini banyak pula apartemen megah di dalamnya, namun kesan dan aura angker masih dapat dirasakan, dan kadang masih tetap terlihat. Begitu terkenalnya legenda angker diseputar kawasan Ancol sejak dulu, membuat beberapa sutradara mengangkat legenda ini ke dalam sebuah film. Film pertama tentang si Manis diproduksi tahun 1973, lalu dibuat lagi film tentang si Manis ini di era tahun 2000. Karena film terakhir ini laku maka dibuat lagi edisi kedua (part-2), bahkan legenda si Manis Jembatan Ancol diproduksi pula untuk menjadi sebuah sinetron berseri. Begitu penasarannya para penonton khususnya yang berdomisili di Jakarta, mungkin karena mengingat bahwa legenda ini adalah salah-satu legenda mistis paling tua yang ada di Jakarta   ------ Tempat-tempat tersebut adalah tempat yang yang paling kental dengan aroma mistis, paling fenomenal serta misterius diantara puluhan malah mungkin ratusan tempat angker lainnya yang tersebar di Jakarta dan sekitarnya. Tapi perlu diingat pula, bahwa film-film bioskop yang mengangkat cerita- cerita misteri yang telah melegenda tersebut, tidak selalu akurat 100% . Terkadang adegan dan jalan cerita serta kondisi di dalam film sering ditambahi oleh cerita-cerita dan dibumbui oleh peristiwa yang menyimpang agar film tersebut terlihat lebih seram, lebih mencekam dan lebih dramatis, serta enak dan seru untuk ditonton. Sumber : indocropcircle.com

 

 

Step By Step Belajar HTML 5

 

 

Artikel Lainnya :