Mengapa Awan Hujan Berwarna Gelap

  Sabtu, 16 Maret 2019

yesnetijen.web.id - Pernah gak terlintas di pikiran Teman & temanwati netijen/aganwati kenapa Awan hujanitu warna nya gelap?

Mungkin karena banyak kotoran kali gan di awannya? 

Atau

Mungkin karena awannya memang dari sono nya seperti itu?


Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu sekilas mengenai pembentukan awan.



Udara di sekitar Teman & temanwati netijen/aganwati itu sebenarnya penuh dengan air dalam bentuk gas yang disebut sebagai uap air.


Ketika udara di dekat tanah/permukaan menghangat, dia (uap air) akan mulai naik, mengambil serta uap air disekitarnya.

Semakin tinggi posisinya di langit, udara akan semakin dingin. Hal ini menyebabkan uap air yang terangkat tadi menyatu membentuk seperti gumpalan yang bisa kita sebut sebagai awan.



Selanjutnya mulai masuk pembahasan 


 

Saat akan terjadinya hujan kerap kali awan yang berada tepat diatas kita itu warna nya gelap.

Tidak seperti partikel atmosfer yang menyebarkan lebih banyak cahaya biru daripada warna lain, partikel-partikel awan kecil menyebarkan semua warna cahaya sama rata, yang selanjutnya membentuk cahaya putih.

Namun, awan hujan berwarna gelap bukan putih itu dikarenakan oleh ketebalan atau ketinggiannya.




Awan itu semakin tebal dan padat karena dia mengumpulkan lebih banyak butiran air dan kristal es yang mana hasil pembekuan pada ketinggian tertentu.

Semakin tebalbutiran air yang terkumpul, semakin banyak cahaya yang disebarkan. Akibatnya semakin berkurang intensitas cahaya matahari yang melewatinya.



Hal ini membuat partikel-partikel di bagian bawah awan hujan tidak memiliki banyak cahaya untuk disebarkan ke mata kita.

Akibatnya, bagian bawah dari awan tersebut akan terlihat berwarna gelap seperti yang biasa kita lihat.

Itulah alasan mengapa awan hujan berwarna gelap.


Menurut pengalaman anemerhatiin awan hujan, semakin gelap awan hujan yang terjadi, maka semakin lebat hujan nya. 

Tapi ini bukan sebagai patokan yaa, Karena bisa saja ada awan hujan di atas Teman & temanwati netijen, tapi hujan nya bukan di tempat Teman & temanwati netijen.

Sumber : intisari-online.com/read/ini-dia-alasan-awan-hujan-berwarna-gelap



Buka File PDF Artikel     


Sebelumnya
Khoirul Anwar Penemu 4G LTE
  Berikutnya
Mengenal Lebih Dekat Dengan Antelop

 

(2) Komentar

avatar user

rusdi26 Mar 2019

karna aernya banyak:)

avatar user

peter19 Jan 2019

baru tahu kalo awan itu ada cristal es

Beri komentar





Hanya komentar yang sudah di-approve admin yang tampil.

KESIMPULAN : yesnetijen.web.id - Pernah gak terlintas di pikiran Teman & temanwati netijen/aganwati kenapa Awan hujanitu warna nya gelap? Mungkin karena banyak kotoran kali gan di awannya?  Atau Mungkin karena awannya memang dari sono nya seperti itu? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu sekilas mengenai pembentukan awan. Udara di sekitar Teman & temanwati netijen/aganwati itu sebenarnya penuh dengan air dalam bentuk gas yang disebut sebagai uap air. Ketika udara di dekat tanah/permukaan menghangat, dia (uap air) akan mulai naik, mengambil serta uap air disekitarnya. Semakin tinggi posisinya di langit, udara akan semakin dingin. Hal ini menyebabkan uap air yang terangkat tadi menyatu membentuk seperti gumpalan yang bisa kita sebut sebagai awan. Selanjutnya mulai masuk pembahasan    Saat akan terjadinya hujan kerap kali awan yang berada tepat diatas kita itu warna nya gelap. Tidak seperti partikel atmosfer yang menyebarkan lebih banyak cahaya biru daripada warna lain, partikel-partikel awan kecil menyebarkan semua warna cahaya sama rata, yang selanjutnya membentuk cahaya putih. Namun, awan hujan berwarna gelap bukan putih itu dikarenakan oleh ketebalan atau ketinggiannya. Awan itu semakin tebal dan padat karena dia mengumpulkan lebih banyak butiran air dan kristal es yang mana hasil pembekuan pada ketinggian tertentu. Semakin tebalbutiran air yang terkumpul, semakin banyak cahaya yang disebarkan. Akibatnya semakin berkurang intensitas cahaya matahari yang melewatinya. Hal ini membuat partikel-partikel di bagian bawah awan hujan tidak memiliki banyak cahaya untuk disebarkan ke mata kita. Akibatnya, bagian bawah dari awan tersebut akan terlihat berwarna gelap seperti yang biasa kita lihat. Itulah alasan mengapa awan hujan berwarna gelap. Menurut pengalaman anemerhatiin awan hujan, semakin gelap awan hujan yang terjadi, maka semakin lebat hujan nya.  Tapi ini bukan sebagai patokan yaa, Karena bisa saja ada awan hujan di atas Teman & temanwati netijen, tapi hujan nya bukan di tempat Teman & temanwati netijen. Sumber : intisari-online.com/read/ini-dia-alasan-awan-hujan-berwarna-gelap

 

 

Step By Step Belajar HTML 5

 

 

Artikel Lainnya :