Ini Loh Bedanya Alligator dan Crocodile

  Jumat, 08 Maret 2019

yesnetijen.web.id -  "Alligator" dan "crorodile" sama-sama merupakan anggota dari kelas Reptilia pada ordo Crocodilia, namun berbeda pada famili-nya. Seringkali orang-orang menggunakan kata "crocodile" untuk mengarah pada sebutan ordo-nya, yaitu "Crocodilia".

Istilah ini tidak hanya mencakup "alligator" dan "crocodile" yang secara umum telah kita ketahui, tapi juga untuk famili yang lebih sedikit yang dikenal dengan famili Gavialidae yang mencakup "gavial" dan "gharial". Dari semuanya, terhitung ada 23 jenis dari Crocodilia.

Kelompok Crocodilia merupakan hewan yang telah ada sejak 240 juta tahun yang lalu. Mereka telah hidup lebih lama bila dibandingkan dengan Dinosaurus, yang hanya 135 juta tahun. Memiliki kehidupan di darat maupun di air, anggota dari ordo ini dapat berenang dengan kecepatan 20 mph dan berlari dengan kecepatan 11 mph.

Mereka lebih sering tinggal di air dan dapat bernapas di dalam air selama 1 jam. Matanya yang selalu berada di atas permukaan air berguna untuk memperhatikan mangsanya sementara ekornya yang kuat dengan cepat menggerakkan dirinya di air.

 

"Crocodile" dan "Alligator" merupakan pemburu paling hebat dan dapat memakan apa saja yang ditangkap dengan giginya: ikan, kura-kura, monyet, bahkan kerbau. Dengan giginya yang kuat, tidak ada siapapun yang berani mengganggunya ketika mencabik mangsanya menjadi potongan kecil atau bahkan menelannya langsung .

 

Crocodilia memiliki indra yang sangat kuat untuk mendeteksi mangsanya. Matanya yang selalu berada diatas permukaan air, dapat terbuka lebih lebar untuk menerima cahaya tambahan dan dapat juga melihat dengan baik pada malam hari. Dan meskipun kita tidak dapat melihat telinganya, janganlah tertipu - telinga kecilnya dapat mendengar suara anaknya yang masih berada di dalam telur. Bahkan indra penciumannya juga merupakan organ spesial .

 


Nah, secara mendasar ada beberapa perbedaan antara "Crocodile" dan "Alligator" yaitu:



Alligator" memiliki kepala yang lebar dan hidungnya berbentuk U.

Moncong huruf U, punya Alligator

 

 

"Crocodile" memiliki kepala lebih kecil dan ujung moncongnya lebih runcing. Hidungnya berbentuk V.

Moncong V, punya Crocodile

 

Keduanya memiliki gigi yang besar dan rahang yang pendek, tapi gigi "crocodile" terletak agak keluar pada rahang atas dan giginya masih terlihat ketika mulutnya tertutup. Pada "alligator", giginya terletak agak kedalam pada rahang atas dan giginya tidak terlihat ketika mulutnya tertutup.

 

 

Unjuk Gigi



"Crocodile" lebih agresif , sedangkan "alligator" lebih suka menghindar daripada menghadapi bahaya yang ada di depannya.

Sumber : reyreptile.wordpress.com/2017/08/30/alligator-vs-crocodile



Buka File PDF Artikel     


Sebelumnya
Mengapa Lalat Lihai Hindari Bahaya
  Berikutnya
Joe Hin Tjio Penemu Jumlah Kromosom Sel Darah Manusia

 

(1) Komentar

avatar user

GinanjaR23 Jan 2019

sama sama serem :D

Beri komentar





Hanya komentar yang sudah di-approve admin yang tampil.

KESIMPULAN : yesnetijen.web.id -  "Alligator" dan "crorodile" sama-sama merupakan anggota dari kelas Reptilia pada ordo Crocodilia, namun berbeda pada famili-nya. Seringkali orang-orang menggunakan kata "crocodile" untuk mengarah pada sebutan ordo-nya, yaitu "Crocodilia". Istilah ini tidak hanya mencakup "alligator" dan "crocodile" yang secara umum telah kita ketahui, tapi juga untuk famili yang lebih sedikit yang dikenal dengan famili Gavialidae yang mencakup "gavial" dan "gharial". Dari semuanya, terhitung ada 23 jenis dari Crocodilia. Kelompok Crocodilia merupakan hewan yang telah ada sejak 240 juta tahun yang lalu. Mereka telah hidup lebih lama bila dibandingkan dengan Dinosaurus, yang hanya 135 juta tahun. Memiliki kehidupan di darat maupun di air, anggota dari ordo ini dapat berenang dengan kecepatan 20 mph dan berlari dengan kecepatan 11 mph. Mereka lebih sering tinggal di air dan dapat bernapas di dalam air selama 1 jam. Matanya yang selalu berada di atas permukaan air berguna untuk memperhatikan mangsanya sementara ekornya yang kuat dengan cepat menggerakkan dirinya di air.   "Crocodile" dan "Alligator" merupakan pemburu paling hebat dan dapat memakan apa saja yang ditangkap dengan giginya: ikan, kura-kura, monyet, bahkan kerbau. Dengan giginya yang kuat, tidak ada siapapun yang berani mengganggunya ketika mencabik mangsanya menjadi potongan kecil atau bahkan menelannya langsung .   Crocodilia memiliki indra yang sangat kuat untuk mendeteksi mangsanya. Matanya yang selalu berada diatas permukaan air, dapat terbuka lebih lebar untuk menerima cahaya tambahan dan dapat juga melihat dengan baik pada malam hari. Dan meskipun kita tidak dapat melihat telinganya, janganlah tertipu - telinga kecilnya dapat mendengar suara anaknya yang masih berada di dalam telur. Bahkan indra penciumannya juga merupakan organ spesial .   Nah, secara mendasar ada beberapa perbedaan antara "Crocodile" dan "Alligator" yaitu: Alligator" memiliki kepala yang lebar dan hidungnya berbentuk U. Moncong huruf U, punya Alligator     "Crocodile" memiliki kepala lebih kecil dan ujung moncongnya lebih runcing. Hidungnya berbentuk V. Moncong V, punya Crocodile   Keduanya memiliki gigi yang besar dan rahang yang pendek, tapi gigi "crocodile" terletak agak keluar pada rahang atas dan giginya masih terlihat ketika mulutnya tertutup. Pada "alligator", giginya terletak agak kedalam pada rahang atas dan giginya tidak terlihat ketika mulutnya tertutup.     Unjuk Gigi "Crocodile" lebih agresif , sedangkan "alligator" lebih suka menghindar daripada menghadapi bahaya yang ada di depannya. Sumber : reyreptile.wordpress.com/2017/08/30/alligator-vs-crocodile

 

 

Step By Step Belajar HTML 5

 

 

Artikel Lainnya :