Apakah Bulan Menjauh Dari Bumi Tiap Tahunnya

  Sabtu, 02 Maret 2019

yesnetijen.web.id - Bulan merupakan satelit alami bumi.  Jarak rata-rata Bumi-Bulan dari pusat ke pusat adalah 384.403 km, sekitar 30 kali diameter Bumi. Diameter Bulan adalah 3.474 km. Periode bulan mengelilingi bumi adalah selama 27,3 hari dan permukaan bulan yang selalu nampak hanya satu sisi permukaan saja.

 Hal ini disebabkan karena bulan berada pada orbit sinkron dengan bumi yang menyebabkan kala rotasi sama dengan kala revolusi. Bulan selalu mengelilingi bumi dan tertarik dengan gaya gravitasi bumi, namun bulan tidak jatuh ke bumi. Hal tersebut terjadi karena adanya gaya sentrifugal yang dihasilkan bulan ketika bulan mengelilingi bumi. Besar nya gaya sentrifugal yang dihasilkan bulan daripada gaya tarik(gravitasi) bumi menyebabkan bulan pada setiap tahunnya menjauh sekitar 3,8 cm.

Lalu bagaimana caranya para ilmuan mengetahui bahwa bulan menjauh dari bumi? Caranya adalah dengan mengarahkan alat laser bernama LLR (Lunar Laser Ranging) dari bumi ke reflektor yang ada di bulan, lalu mereka menghitung berapa lama cahaya laser memantul kembali diukur dari saat laser dipancarkan. Reflektor atau retroreflector (sejenis cermin) adalah alat yang telah dipasang dibulan ketika astronom apollo mendarat dibulan.


Kemudian dari pantulan sinar laser yang ditembakkan, akan dihitung rentang waktu yang dibutuhkan laser "PP BUmi bulan". Pengukuran jarak bumi dengan bulan dilakukan dengan menghitung kecepatan cahaya X waktu yang ditempuh laser.

Hasil perkalian di bagi dengan angka 2 maka didapatkan jarak bumi dengan bulan. Dari hasil pengamatan yang di dapat tahun ke tahun, ternyata rentang waktu pemantulan berubah. Perubahan rentang waktu yang dibutuhkan laser "PP bumi bulan" akan mengubah hasil dari perhitungan jarak bumi bulan setiap tahun nya

 Dengan perhitungan yang cukup akurat maka didapat bahwa bulan setiap tahun nya menjauh dari bumi. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bulan menjauh sekitar 3,8 cm setiap tahun.

Saat ini, pihak yang melakukan pengukuran jarak bulan ke bumi ada tiga yaitu di Amerika Serikat, New Mexico dan Prancis.

Sumber: kafeastronomi.com/bulan-menjauh-dari-bumi-setiap-tahun.html



Buka File PDF Artikel     


Sebelumnya
Luarbiasa, Ilmuwan Ciptakan Alat Melihat Tembus Pandang
  Berikutnya
Yuk Mengenal Sungai Nil, Sungai terpanjang di Dunia

 

(0) Komentar

Beri komentar





Hanya komentar yang sudah di-approve admin yang tampil.

KESIMPULAN : yesnetijen.web.id - Bulan merupakan satelit alami bumi.  Jarak rata-rata Bumi-Bulan dari pusat ke pusat adalah 384.403 km, sekitar 30 kali diameter Bumi. Diameter Bulan adalah 3.474 km. Periode bulan mengelilingi bumi adalah selama 27,3 hari dan permukaan bulan yang selalu nampak hanya satu sisi permukaan saja.  Hal ini disebabkan karena bulan berada pada orbit sinkron dengan bumi yang menyebabkan kala rotasi sama dengan kala revolusi. Bulan selalu mengelilingi bumi dan tertarik dengan gaya gravitasi bumi, namun bulan tidak jatuh ke bumi. Hal tersebut terjadi karena adanya gaya sentrifugal yang dihasilkan bulan ketika bulan mengelilingi bumi. Besar nya gaya sentrifugal yang dihasilkan bulan daripada gaya tarik(gravitasi) bumi menyebabkan bulan pada setiap tahunnya menjauh sekitar 3,8 cm. Lalu bagaimana caranya para ilmuan mengetahui bahwa bulan menjauh dari bumi? Caranya adalah dengan mengarahkan alat laser bernama LLR (Lunar Laser Ranging) dari bumi ke reflektor yang ada di bulan, lalu mereka menghitung berapa lama cahaya laser memantul kembali diukur dari saat laser dipancarkan. Reflektor atau retroreflector (sejenis cermin) adalah alat yang telah dipasang dibulan ketika astronom apollo mendarat dibulan. Kemudian dari pantulan sinar laser yang ditembakkan, akan dihitung rentang waktu yang dibutuhkan laser "PP BUmi bulan". Pengukuran jarak bumi dengan bulan dilakukan dengan menghitung kecepatan cahaya X waktu yang ditempuh laser. Hasil perkalian di bagi dengan angka 2 maka didapatkan jarak bumi dengan bulan. Dari hasil pengamatan yang di dapat tahun ke tahun, ternyata rentang waktu pemantulan berubah. Perubahan rentang waktu yang dibutuhkan laser "PP bumi bulan" akan mengubah hasil dari perhitungan jarak bumi bulan setiap tahun nya  Dengan perhitungan yang cukup akurat maka didapat bahwa bulan setiap tahun nya menjauh dari bumi. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bulan menjauh sekitar 3,8 cm setiap tahun. Saat ini, pihak yang melakukan pengukuran jarak bulan ke bumi ada tiga yaitu di Amerika Serikat, New Mexico dan Prancis. Sumber: kafeastronomi.com/bulan-menjauh-dari-bumi-setiap-tahun.html

 

 

Step By Step Belajar HTML 5

 

 

Artikel Lainnya :