Mengapa Bintang Bersinar ?

  Kamis, 21 Februari 2019

yesnetijen.web.id - Ada terdapat berjuta-juta bintang di angkasa. Bintang terbuat dari bola-bola gas bersuhu tinggi yang bercahaya, oleh karena itu bintang bersinar atau bercahaya karena sinarnya sendiri. Berbeda denga bulan yang mendapatkan cahaya karena pantulan dari sinar matahari. Bintang juga terkadang tampak berkelap-kelip. Hal tersebut disebabkan adanya udara yang membengkokkan sinar bintang, sehingga kelihatan kelap-kelip.

Para astronom berpendapat bahwa alam semesta ini mempunyai banyak gugusan bintang atau sering disebut dengan galaksi. Galaksi merupakan kumpulan bintang, planet, dan awan gas (nebula). Bintang yang sudah tua biasanya mati dan kemudian meledak. 

Ledakan  itu dapat menyebabkan awan gas di galaksi yang tenang menjadi bergerak cepat berputar-putar seperti cakram dan menjadi terpusat ditengah cakram. Gas tersebut berkumpul menjadi gumpalan gas raksasa.

Didalam gumpalan gas raksasa, gas terus bergerak dan bertabrakan dan tekanan serta  suhu gas menjadi amat panas sehingga mengeluarkan energi yang tinggi berupa cahaya. Saat gumpalan gas menjadi bercahaya inilah, para astronom menamainya "BINTANG"



Buka File PDF Artikel     


Sebelumnya
Hacker Wanita Paling Populer Sedunia
  Berikutnya
Macam Rupa Bunga Melati

 

(1) Komentar

avatar user

who am i07 Jan 2019

ohhhh..jadi begitu ya?? hihihi..

Beri komentar





Hanya komentar yang sudah di-approve admin yang tampil.

KESIMPULAN : yesnetijen.web.id - Ada terdapat berjuta-juta bintang di angkasa. Bintang terbuat dari bola-bola gas bersuhu tinggi yang bercahaya, oleh karena itu bintang bersinar atau bercahaya karena sinarnya sendiri. Berbeda denga bulan yang mendapatkan cahaya karena pantulan dari sinar matahari. Bintang juga terkadang tampak berkelap-kelip. Hal tersebut disebabkan adanya udara yang membengkokkan sinar bintang, sehingga kelihatan kelap-kelip. Para astronom berpendapat bahwa alam semesta ini mempunyai banyak gugusan bintang atau sering disebut dengan galaksi. Galaksi merupakan kumpulan bintang, planet, dan awan gas (nebula). Bintang yang sudah tua biasanya mati dan kemudian meledak.  Ledakan  itu dapat menyebabkan awan gas di galaksi yang tenang menjadi bergerak cepat berputar-putar seperti cakram dan menjadi terpusat ditengah cakram. Gas tersebut berkumpul menjadi gumpalan gas raksasa. Didalam gumpalan gas raksasa, gas terus bergerak dan bertabrakan dan tekanan serta  suhu gas menjadi amat panas sehingga mengeluarkan energi yang tinggi berupa cahaya. Saat gumpalan gas menjadi bercahaya inilah, para astronom menamainya "BINTANG"

 

 

Step By Step Belajar HTML 5

 

 

Artikel Lainnya :