Berapa Kecepatan Bumi Bergerak Di Alam Semesta

  Selasa, 01 Januari 2019

yesnetijen.web.id - Walau kadang kita tak sadari,Bumi yang kita tinggali ini bergerak dengan kecepatan luar biasa di alam semesta. Pergerakannya itu ada yang berputar pada porosnya (Rotasi), ada yang bergerak mengelilingi Matahari (Revolusi) dan bergerak mengelilingi Bima Sakti.

Berikut ini beberapa rincian kecepatan Bumi saat berotasi,berevolusi dan bergerak mengelilingi Bima Sakti :

 



1. Rotasi Bumi

Bumi berotasi pada sumbunya,akibat pergerakan pada sumbunya, setiap daerah di bumi mengalami siang dan malam, walaupun dengan panjang siang dan malam yang bisa berbeda-beda.

Walau tidak kita sadari,Bumi berputar pada porosnya dengan kecepatan 1.770 km/jam dan menyelesaikan 1 putaran sekitar 23 jam, 56 menit dan 4.091 detik. Sungguh kecepatan yang luar biasa,mobil sport saja tidak ada yang memiliki kecepatan segitu,hehehehe.

 

 

2. Revolusi Bumi

Revolusi Bumi adalah peredaran bumi mengelilingi matahari. Revolusi bumi merupakan akibat tarik menarik antara gaya gravitasi matahari dengan gaya gravitasi bumi, selain perputaran bumi pada porosnya atau disebut rotasi bumi.

Bumi membutuhkan waktu mengililingi Matahari adalah 365 hari. Sepanjang Bumi berevolusi, rotasi bumi tidak selalu tegak lurus terhadap bidang ekliptika melainkan berosilasi dengan kemiringan yang membentuk sudut hingga 23,50 derajat terhadap matahari. Sudut ini diukur dari garis imajiner yang membelah kutub utara dan kutub selatan yang disebut dengan garis khatulistiwa. Bumi bergerak mengelilingi Matahari dengan kecepatan 108.000 km/jam.

 

 

3. Pergerakan Bumi Mengelilingi Bima Sakti

Para astronom menghitung bahwa Matahari beserta keluarganya di Tata Surya membutuhkan waktu sekitar 226 juta tahun untuk sekali mengelilingi Bima Sakti. Dengan kata lain,terakhir kali Bumi berada di posisi seperti ini di Bima Sakti,Bumi kita masih dikuasai Dinosaurus. Selama Matahari terbentuk,dia baru 20,4 kali mengelilingi Galaksi kita (Matahari terbentuk 4,6 miliar tahun yang lalu).

Karena Matahari berjarak 26.000 tahun cahaya dari pusatBima Sakti, ia harus melakukan perjalanan dengan kecepatan yang mengagumkan sekitar 782.000 km / jamdalam orbit melingkar di sekitar pusat Bima Sakti. Jadi misalnya, dalam 90 detik, kita semua bergerak sekitar 20.000 kilometer (12.500 kilometer) mengorbit di sekitar pusat galaksi.

Sekadar perbandingan, Bumi berputar pada porosnya dengan kecepatan 1.770 km / jam, dan juga bergerak dengan kecepatan 108.000 km / jam mengelilingi Matahari. Diperkirakan bahwa Matahari akan terus membakar hidrogennya selama 7 miliar tahun atau lebih. Dengan kata lain, Matahari kita masih mampu mengelilingi Bima Sakti sebanyak 31 kali sebelum bahan bakarnya habis.

Sumber : astronesia.com/2017/07/berapa-kecepatan-bumi-bergerak-di-alam.html?m=1



Buka File PDF Artikel     


Sebelumnya
Kembaran Planet Bumi di Beberapa Galaksi
  Berikutnya
(Bag 1) Mengapa Gempa Bumi Terus Terjadi di Indonesia

 

(1) Komentar

avatar user

t1gor26 Jan 2019

kenceng amat ya..koq kita nggak ngerasain ya,kaya diem gitu :):):)

Beri komentar





Hanya komentar yang sudah di-approve admin yang tampil.

KESIMPULAN : yesnetijen.web.id - Walau kadang kita tak sadari,Bumi yang kita tinggali ini bergerak dengan kecepatan luar biasa di alam semesta. Pergerakannya itu ada yang berputar pada porosnya (Rotasi), ada yang bergerak mengelilingi Matahari (Revolusi) dan bergerak mengelilingi Bima Sakti. Berikut ini beberapa rincian kecepatan Bumi saat berotasi,berevolusi dan bergerak mengelilingi Bima Sakti :   1. Rotasi Bumi Bumi berotasi pada sumbunya,akibat pergerakan pada sumbunya, setiap daerah di bumi mengalami siang dan malam, walaupun dengan panjang siang dan malam yang bisa berbeda-beda. Walau tidak kita sadari,Bumi berputar pada porosnya dengan kecepatan 1.770 km/jam dan menyelesaikan 1 putaran sekitar 23 jam, 56 menit dan 4.091 detik. Sungguh kecepatan yang luar biasa,mobil sport saja tidak ada yang memiliki kecepatan segitu,hehehehe.     2. Revolusi Bumi Revolusi Bumi adalah peredaran bumi mengelilingi matahari. Revolusi bumi merupakan akibat tarik menarik antara gaya gravitasi matahari dengan gaya gravitasi bumi, selain perputaran bumi pada porosnya atau disebut rotasi bumi. Bumi membutuhkan waktu mengililingi Matahari adalah 365 hari. Sepanjang Bumi berevolusi, rotasi bumi tidak selalu tegak lurus terhadap bidang ekliptika melainkan berosilasi dengan kemiringan yang membentuk sudut hingga 23,50 derajat terhadap matahari. Sudut ini diukur dari garis imajiner yang membelah kutub utara dan kutub selatan yang disebut dengan garis khatulistiwa. Bumi bergerak mengelilingi Matahari dengan kecepatan 108.000 km/jam.     3. Pergerakan Bumi Mengelilingi Bima Sakti Para astronom menghitung bahwa Matahari beserta keluarganya di Tata Surya membutuhkan waktu sekitar 226 juta tahun untuk sekali mengelilingi Bima Sakti. Dengan kata lain,terakhir kali Bumi berada di posisi seperti ini di Bima Sakti,Bumi kita masih dikuasai Dinosaurus. Selama Matahari terbentuk,dia baru 20,4 kali mengelilingi Galaksi kita (Matahari terbentuk 4,6 miliar tahun yang lalu). Karena Matahari berjarak 26.000 tahun cahaya dari pusatBima Sakti, ia harus melakukan perjalanan dengan kecepatan yang mengagumkan sekitar 782.000 km / jamdalam orbit melingkar di sekitar pusat Bima Sakti. Jadi misalnya, dalam 90 detik, kita semua bergerak sekitar 20.000 kilometer (12.500 kilometer) mengorbit di sekitar pusat galaksi. Sekadar perbandingan, Bumi berputar pada porosnya dengan kecepatan 1.770 km / jam, dan juga bergerak dengan kecepatan 108.000 km / jam mengelilingi Matahari. Diperkirakan bahwa Matahari akan terus membakar hidrogennya selama 7 miliar tahun atau lebih. Dengan kata lain, Matahari kita masih mampu mengelilingi Bima Sakti sebanyak 31 kali sebelum bahan bakarnya habis. Sumber : astronesia.com/2017/07/berapa-kecepatan-bumi-bergerak-di-alam.html?m=1

 

 

Step By Step Belajar HTML 5

 

 

Artikel Lainnya :