Mengenal Happy Planet Index

  Minggu, 14 Oktober 2018

Apa itu Happy Planet Index ?

yesnetijen.web.id - Happy Planet Index (HPI) adalah skala baru untuk mengukur kemajuan sebuah negara yang memfokuskan pada : kesejahteraan yang berkelanjutan bagi semua.

Skala ini memberi informasi bagaimana sebuah negara memberi dukungan warganya untuk hidup lebih baik, sekaligus memastikan warganya dapat melakukan hal yang sama di masa depan. Indeks ini memberi petunjuk yang jelas bagi sebuah negara untuk meningkatkan indeks kebahagiaan warganya.


bingung kan, Saya juga bingung, intinya ukuran seberapa bahagia sebuah negara.

terus ngukurnya gimana dong??

 

 

Pengukuran dan Indikatornya

 

 

Kesejahteraan (Well-being)

Memangnya bagaimana sih mengukur kesejahteraan?

Dalam pengukuran ini dilakukan pendekatan tentang apa yang dibutuhkan orang untuk hidup sejahtera, seperti pendidikan, pendapatan, dan keamanan.

Dalam laporan HPI ini digunakan juga pertanyaan yang disebut "Ladder of Life" dari Gallup World Poll, responden diberi kesempatan untuk membayangkan sebuah 'tangga' dengan 10 anak tangga, dimana 0 (terburuk) sampai 10 (terbaik) menggambarkan kondisi hidup mereka, dan menuliskan dimana mereka berpijak. Selain itu kesejahteraan juga digambarkan dari pengukuran tingkat kesehatan dan angka harapan hidup sebuah negara.

 

 

Dampak Lingkungan Hidup

Dampak lingkungan hidup diukur dengan Jejak Ekologis (Ecological Footprint), yaitu kebutuhan manusia terhadap alam.

Indikator ini mengukur jumlah lahan yang dibutuhkan untuk mempertahanklan pola konsumsi suatu negara seperti lahan pertanian, kayu, lahan pemukiman, pabrik, infrastruktur, dan area yang diperlukan untuk menyerap emisi CO2.

 

 

Hasil Pengukuran

Hasilnya ditunjukan dalam 3 warna

  • Hijau (baik),
  • kuning (sedang),
  • merah (buruk)

 

Angka Harapan Hidup

 

Angka Kesejahteraan

 

Jejak Ekologis

 

 

HAPPY PLANET INDEX

 

Juaranya

 

Terus Indonesia urutan berapa??

 

kok GDP sama HDI ngga masuk indikator?

Menurut kak wikipedia " GDP is seen as inappropriate, as the usual ultimate aim of most people is not to be rich, but to be happy and healthy"

 

Sumber : Wikipedia



Buka File PDF Artikel     


Sebelumnya
Pygmy Seahorse - Kuda Laut Juga Vertebrata Air Terkecil
  Berikutnya
Apa Jadinya Jika Matahari Kita Mati

 

(1) Komentar

avatar user

moko13 Mar 2019

bahagia itu sederhana, sesederhana kuota internet,hehe

Beri komentar





Hanya komentar yang sudah di-approve admin yang tampil.

KESIMPULAN : Apa itu Happy Planet Index ? yesnetijen.web.id - Happy Planet Index (HPI) adalah skala baru untuk mengukur kemajuan sebuah negara yang memfokuskan pada : kesejahteraan yang berkelanjutan bagi semua. Skala ini memberi informasi bagaimana sebuah negara memberi dukungan warganya untuk hidup lebih baik, sekaligus memastikan warganya dapat melakukan hal yang sama di masa depan. Indeks ini memberi petunjuk yang jelas bagi sebuah negara untuk meningkatkan indeks kebahagiaan warganya. bingung kan, Saya juga bingung, intinya ukuran seberapa bahagia sebuah negara. terus ngukurnya gimana dong??     Pengukuran dan Indikatornya     Kesejahteraan (Well-being) Memangnya bagaimana sih mengukur kesejahteraan? Dalam pengukuran ini dilakukan pendekatan tentang apa yang dibutuhkan orang untuk hidup sejahtera, seperti pendidikan, pendapatan, dan keamanan. Dalam laporan HPI ini digunakan juga pertanyaan yang disebut "Ladder of Life" dari Gallup World Poll, responden diberi kesempatan untuk membayangkan sebuah 'tangga' dengan 10 anak tangga, dimana 0 (terburuk) sampai 10 (terbaik) menggambarkan kondisi hidup mereka, dan menuliskan dimana mereka berpijak. Selain itu kesejahteraan juga digambarkan dari pengukuran tingkat kesehatan dan angka harapan hidup sebuah negara.     Dampak Lingkungan Hidup Dampak lingkungan hidup diukur dengan Jejak Ekologis (Ecological Footprint), yaitu kebutuhan manusia terhadap alam. Indikator ini mengukur jumlah lahan yang dibutuhkan untuk mempertahanklan pola konsumsi suatu negara seperti lahan pertanian, kayu, lahan pemukiman, pabrik, infrastruktur, dan area yang diperlukan untuk menyerap emisi CO2.     Hasil Pengukuran Hasilnya ditunjukan dalam 3 warna Hijau (baik), kuning (sedang), merah (buruk)   Angka Harapan Hidup   Angka Kesejahteraan   Jejak Ekologis     HAPPY PLANET INDEX   Juaranya   Terus Indonesia urutan berapa??   kok GDP sama HDI ngga masuk indikator? Menurut kak wikipedia " GDP is seen as inappropriate, as the usual ultimate aim of most people is not to be rich, but to be happy and healthy"   Sumber : Wikipedia

 

 

Step By Step Belajar HTML 5

 

 

Artikel Lainnya :