BAB 025 - (Form) Atribut Input

Atribut Value

Atribut value memberikan nilai awal field input

Contoh :

Cobalah utak-atik contoh diatas


 

Atribut Readonly

Atribut readonly membuat kolom input hanya dapat dibaca saja (tidak dapat diubah):

Contoh :

Cobalah utak-atik contoh diatas

 

 

Atribut disabled

Atribut disabled membuat kolom input menjadi tidak aktif.

Bidang input yang dinonaktifkan tidak dapat digunakan dan tidak dapat diklik, dan nilainya tidak akan dikirim saat mengirimkan formulir.

Contoh :

Cobalah utak-atik contoh diatas

 

 

Atribut Size

Atribut size menentukan ukuran text box..

Contoh :

Cobalah utak-atik contoh diatas

 


Atribut Maxlength

Atribut maxlength menentukan maksimum panjang karakter yang dapat dimasukkan.

Contoh :

Cobalah utak-atik contoh diatas

 

 

Atribut yang baru dari HTML 5

HTML 5 memang luar biasa, jika sebelumnya kita disibukkan dengan Java script untuk dapat melakukan validasi entry juga termasuk autocomplete fokus dan lain sebagainya. Kini kita tidak perlu lagi, karna dapat dibilang semua kebutuhan form entry data sudah dapat terpenuhi oleh atribut Html 5.

Atribut-atribut tersebut diantaranya :

  • autocomplete
  • autofocus
  • form
  • formaction
  • formenctype
  • formmethod
  • formnovalidate
  • formtarget
  • height and width
  • list
  • min and max
  • multiple
  • pattern (regexp)
  • placeholder
  • required
  • step

 

Tambahan atribut untuk <form> :

  • autocomplete
  • novalidate

 

 

Atribut Autocomplete

Atribut Autocomplete adalah sebuah tips atau saran dari form entry berdasarkan input data sebelumnya yang pernah dimasukkan.

Autocomplete ini sangat menyenangkan untuk input-input data yang sifatnya rutin, seperti : nama email, departemen dll. User hanya perlu mengetikkan huruf awalannya saja, lalu form entry akan memberikan tip/saran masukan yang ada jika ditemukan.

Contoh :
(cobalah isi form contoh dibawah,lalu submit. Setelah itu coba lagi isi dengan huruf awalannya saja, nanti form akan memberikan saran berdasarkan input yang pernah masuk.)

Cobalah utak-atik contoh diatas

 

 

Atribut Novalidate

novalidate adalah atribut <form>, berguna untuk mematikan proses validasi.

Lihat contoh diatas, input email divalidasi. Dengan atribut novalidate maka tidak ada proses validasi.

Contoh :

<form action="h0025g.html" target="_parent" novalidate>
    E-mail: <input type="email" name="email">
</form>

 

 

Atribut Autofocus

Atribut autofocus menunjukkan pada kolom input mana kursor otomatis fokus pertamakali ketika halaman dimuat.

Contoh :

<form>
    Nama Depan: <input type="text" name="namad" autofocus>
</form>

 


Sebelumnya
BAB 024 - (Form) Form HTML
  Berikutnya
BAB 026 - (Form) Tipe Input

 

(0) Komentar

Beri komentar





Hanya komentar yang sudah di-approve admin yang tampil.

KESIMPULAN : Atribut Value Atribut value memberikan nilai awal field input Contoh : Cobalah utak-atik contoh diatas   Atribut Readonly Atribut readonly membuat kolom input hanya dapat dibaca saja (tidak dapat diubah): Contoh : Cobalah utak-atik contoh diatas     Atribut disabled Atribut disabled membuat kolom input menjadi tidak aktif. Bidang input yang dinonaktifkan tidak dapat digunakan dan tidak dapat diklik, dan nilainya tidak akan dikirim saat mengirimkan formulir. Contoh : Cobalah utak-atik contoh diatas     Atribut Size Atribut size menentukan ukuran text box.. Contoh : Cobalah utak-atik contoh diatas   Atribut Maxlength Atribut maxlength menentukan maksimum panjang karakter yang dapat dimasukkan. Contoh : Cobalah utak-atik contoh diatas     Atribut yang baru dari HTML 5 HTML 5 memang luar biasa, jika sebelumnya kita disibukkan dengan Java script untuk dapat melakukan validasi entry juga termasuk autocomplete fokus dan lain sebagainya. Kini kita tidak perlu lagi, karna dapat dibilang semua kebutuhan form entry data sudah dapat terpenuhi oleh atribut Html 5. Atribut-atribut tersebut diantaranya : autocomplete autofocus form formaction formenctype formmethod formnovalidate formtarget height and width list min and max multiple pattern (regexp) placeholder required step   Tambahan atribut untuk <form> : autocomplete novalidate     Atribut Autocomplete Atribut Autocomplete adalah sebuah tips atau saran dari form entry berdasarkan input data sebelumnya yang pernah dimasukkan. Autocomplete ini sangat menyenangkan untuk input-input data yang sifatnya rutin, seperti : nama email, departemen dll. User hanya perlu mengetikkan huruf awalannya saja, lalu form entry akan memberikan tip/saran masukan yang ada jika ditemukan. Contoh : (cobalah isi form contoh dibawah,lalu submit. Setelah itu coba lagi isi dengan huruf awalannya saja, nanti form akan memberikan saran berdasarkan input yang pernah masuk.) Cobalah utak-atik contoh diatas     Atribut Novalidate novalidate adalah atribut <form>, berguna untuk mematikan proses validasi. Lihat contoh diatas, input email divalidasi. Dengan atribut novalidate maka tidak ada proses validasi. Contoh : <form action="h0025g.html" target="_parent" novalidate>     E-mail: <input type="email" name="email"> </form>     Atribut Autofocus Atribut autofocus menunjukkan pada kolom input mana kursor otomatis fokus pertamakali ketika halaman dimuat. Contoh : <form>     Nama Depan: <input type="text" name="namad" autofocus> </form>  

 

 

Step By Step Belajar HTML 5

 

 

Artikel Lainnya :