BAB 008 - Inline Style

CSS (Cascading Style Sheet) atau Gaya Html merupakan sebuah bahasa pemrograman web yang memiliki fungsi dan tujuan untuk mengatur atau mendesign tiap-tiap komponen dari HTML seperti elemen dan tag. dengan menggunakan CSS kita dapat mengatur ukuran, warna dan bentuk dari element HTML.

Mengganti font, mengatur margin dan mengatur padding dan banyak lagi yang dapat di lakukan menggunakan CSS untuk mempercantik atau men-design halaman website.

Ada tiga teknik metode penulisan CSS, yaitu :

  • Inline CSS Style
  • Internal CSS Style
  • External CSS Style

Di bab ini kita belajar mengenai Inline Style, yaitu pemberian langsung style didalam sebuah tag html.

 

 

background-color - Warna Latar Belakang

Properti background-color mendefinisikan warna latar belakang untuk elemen HTML. Contoh ini mengatur warna latar belakang untuk paragraph menjadi powderblue:

Contoh :


Cobalah utak-atik contoh diatas



color - Warna Teks

Style color untuk mengatur warna teks warna teks.

Contoh


Cobalah utak-atik contoh diatas

 

 

font-family - Model Huruf

Style font-family untuk mendefinisikan nama jenis font yang akan digunakan.

Contoh :


Cobalah utak-atik contoh diatas

 

 

font-size - Ukuran Teks

Contoh :


Cobalah utak-atik contoh diatas


 

text-align - Perataan Teks

text-align mendefinisikan perataan teks horisontal.

Contoh :


Cobalah utak-atik contoh diatas

 

------

  • Gunakan style atribut untuk menata elemen HTML
  • Gunakan background-color untuk warna latar belakang
  • Gunakan color untuk warna teks
  • Gunakan font-family untuk font teks
  • Gunakan font-size untuk ukuran teks
  • Gunakan text-align untuk penyelarasan teks


Sebelumnya
BAB 007 - Paragraph <p>
  Berikutnya
Bab 009 - Format Teks

 

(0) Komentar

Beri komentar





Hanya komentar yang sudah di-approve admin yang tampil.

KESIMPULAN : CSS (Cascading Style Sheet) atau Gaya Html merupakan sebuah bahasa pemrograman web yang memiliki fungsi dan tujuan untuk mengatur atau mendesign tiap-tiap komponen dari HTML seperti elemen dan tag. dengan menggunakan CSS kita dapat mengatur ukuran, warna dan bentuk dari element HTML. Mengganti font, mengatur margin dan mengatur padding dan banyak lagi yang dapat di lakukan menggunakan CSS untuk mempercantik atau men-design halaman website. Ada tiga teknik metode penulisan CSS, yaitu : Inline CSS Style Internal CSS Style External CSS Style Di bab ini kita belajar mengenai Inline Style, yaitu pemberian langsung style didalam sebuah tag html.     background-color - Warna Latar Belakang Properti background-color mendefinisikan warna latar belakang untuk elemen HTML. Contoh ini mengatur warna latar belakang untuk paragraph menjadi powderblue: Contoh : Cobalah utak-atik contoh diatas color - Warna Teks Style color untuk mengatur warna teks warna teks. Contoh Cobalah utak-atik contoh diatas     font-family - Model Huruf Style font-family untuk mendefinisikan nama jenis font yang akan digunakan. Contoh : Cobalah utak-atik contoh diatas     font-size - Ukuran Teks Contoh : Cobalah utak-atik contoh diatas   text-align - Perataan Teks text-align mendefinisikan perataan teks horisontal. Contoh : Cobalah utak-atik contoh diatas   ------ Gunakan style atribut untuk menata elemen HTML Gunakan background-color untuk warna latar belakang Gunakan color untuk warna teks Gunakan font-family untuk font teks Gunakan font-size untuk ukuran teks Gunakan text-align untuk penyelarasan teks

 

 

Step By Step Belajar HTML 5

 

 

Artikel Lainnya :