NFC Cara Mengaktifkan Dan Penggunaanya

  Jumat, 19 Oktober 2018

NFC Android Beam

yesnetijen.web.id - NFC adalah singkatan dari Near Field Communication yang berarti komunikasi jarak dekat. Sesuai namanya, dua perangkat yang memiliki teknologi NFC dapat berkomunikasi satu sama lain jika keduanya saling berdekatan. Teknologi NFC sudah disematkan pada smartphone sejak dirilisnya Android 4.0 (Ice Cream Sandwich) yang dikenal dengan Android Beam. Dengan teknologi NFC ini ke dua smartphone Android dapat saling bertukar data seperti foto, audio, video atau file lainnya dengan mudah.

Dalam arena mobile, NFC dijual sebagai alat file sharing alias share data. Dengan menggunakan NFC serta Android Beam, perangkat bisa bertukar file dengan sungguh cepat satu sama lain. Selain itu, keberadaan NFC di Android juga memungkinkan perangkat yang sama untuk membaca serta / alias menulis ke tag NFC diprogram.

 

 

Cara mengetahui ada tidaknya Fitur NFC pada smartphone/Android

Tidak semua smartphone dilengkapi teknologi NFC. Untuk memastikan apakah smartphone Teman & temanwati netijen memiliki fitur NFC adalah:

  • Buka menu Settings

  • Dibagian Wireless & Network, Klik Lainnya

  • Geser layar ke bawah. Jika smartphone Teman & temanwati netijen dilengapi teknologi NFC, harusnya ada pilihan NFC dan Android Beam.

  • Pada beberapa smartphone, dibelakang cover nya terdapat logo NFC yang menandakan smartphone tersebut dilengkapi teknologi NFC, seperti hal Samsung Galaxy Series.

 

 

Bagaimana cara kerja NFC:

yesnetijen.web.id - Seperti halnya Bluetooth atau Wifi, NFC bekerja dengan prinsip mengirim data melalui sinyal gelombang radio. Teknologi yang digunakan NFC didasarkan pada RFID (Radio Frequency Identification) yang menggunakan induksi elketromagnetik untuk mengirimkan informasi.

Frekuensi transmisi data NFC adalah 13,56 MHz dan data dapat dikrim dengan kecepatan 106, 212, atau 424 kbps. NFC dapat menginduksikan arus listrik terhadap komponen NFC pasif seperti yang terdapat pada stiker yang tidak memiliki power atau daya sendiri. Sehingga komponen NFC pasif tersebut dapat bekerja. Ini merupakan perbedaan mendasar NFC dengan Bluetooth/Wifi.

 

Bagaimana cara menggunakannya:

Untuk melakukan transfer data antara dua perangkat dengan menggunakan NFC, syaratnya ke dua smartphone tersebut:

  • Harus dilengkapi dengan teknologi NFC

  • Harus berada dalam jarak yang berdekatan sekitar 2 inch atau 10 cm

  • Tidak boleh dalam keadaan Sleep atau Locked

  • Setelah memenuhi syarat di atas dan NFC sudah diaktifkan, untuk melakukan transfer:

  • Pilih file yang akan di kirim dari salah satu smartphone

  • Rekatkan ke dua smartphone saling membelakangi

  • Tunggu nada atau konfirmasi bahwa ke dua smartphone sudah terhubung

  • Pada layar smartphone pengirim file muncul popup "Touch to Beam" lalu klik layarnya. Proses pengiriman akan segera berlangsung dan tunggu hingga selesai. Jangan pisahkan ke dua smartphone tersebut sebelum proses transfer data selesai.

  • Jika sudah selesai akan terdengar audio konfirmasi dan popo up bahwa transfer sudah selesai.



Buka File PDF Artikel     


Sebelumnya
Game Offline Gratis Terbaik di Android
  Berikutnya
Mari Mengenal USB OTG

 

(0) Komentar

Beri komentar





Hanya komentar yang sudah di-approve admin yang tampil.

KESIMPULAN : NFC Android Beam yesnetijen.web.id - NFC adalah singkatan dari Near Field Communication yang berarti komunikasi jarak dekat. Sesuai namanya, dua perangkat yang memiliki teknologi NFC dapat berkomunikasi satu sama lain jika keduanya saling berdekatan. Teknologi NFC sudah disematkan pada smartphone sejak dirilisnya Android 4.0 (Ice Cream Sandwich) yang dikenal dengan Android Beam. Dengan teknologi NFC ini ke dua smartphone Android dapat saling bertukar data seperti foto, audio, video atau file lainnya dengan mudah. Dalam arena mobile, NFC dijual sebagai alat file sharing alias share data. Dengan menggunakan NFC serta Android Beam, perangkat bisa bertukar file dengan sungguh cepat satu sama lain. Selain itu, keberadaan NFC di Android juga memungkinkan perangkat yang sama untuk membaca serta / alias menulis ke tag NFC diprogram.     Cara mengetahui ada tidaknya Fitur NFC pada smartphone/Android Tidak semua smartphone dilengkapi teknologi NFC. Untuk memastikan apakah smartphone Teman & temanwati netijen memiliki fitur NFC adalah: Buka menu Settings Dibagian Wireless & Network, Klik Lainnya Geser layar ke bawah. Jika smartphone Teman & temanwati netijen dilengapi teknologi NFC, harusnya ada pilihan NFC dan Android Beam. Pada beberapa smartphone, dibelakang cover nya terdapat logo NFC yang menandakan smartphone tersebut dilengkapi teknologi NFC, seperti hal Samsung Galaxy Series.     Bagaimana cara kerja NFC: yesnetijen.web.id - Seperti halnya Bluetooth atau Wifi, NFC bekerja dengan prinsip mengirim data melalui sinyal gelombang radio. Teknologi yang digunakan NFC didasarkan pada RFID (Radio Frequency Identification) yang menggunakan induksi elketromagnetik untuk mengirimkan informasi. Frekuensi transmisi data NFC adalah 13,56 MHz dan data dapat dikrim dengan kecepatan 106, 212, atau 424 kbps. NFC dapat menginduksikan arus listrik terhadap komponen NFC pasif seperti yang terdapat pada stiker yang tidak memiliki power atau daya sendiri. Sehingga komponen NFC pasif tersebut dapat bekerja. Ini merupakan perbedaan mendasar NFC dengan Bluetooth/Wifi.   Bagaimana cara menggunakannya: Untuk melakukan transfer data antara dua perangkat dengan menggunakan NFC, syaratnya ke dua smartphone tersebut: Harus dilengkapi dengan teknologi NFC Harus berada dalam jarak yang berdekatan sekitar 2 inch atau 10 cm Tidak boleh dalam keadaan Sleep atau Locked Setelah memenuhi syarat di atas dan NFC sudah diaktifkan, untuk melakukan transfer: Pilih file yang akan di kirim dari salah satu smartphone Rekatkan ke dua smartphone saling membelakangi Tunggu nada atau konfirmasi bahwa ke dua smartphone sudah terhubung Pada layar smartphone pengirim file muncul popup "Touch to Beam" lalu klik layarnya. Proses pengiriman akan segera berlangsung dan tunggu hingga selesai. Jangan pisahkan ke dua smartphone tersebut sebelum proses transfer data selesai. Jika sudah selesai akan terdengar audio konfirmasi dan popo up bahwa transfer sudah selesai.

 

 

Step By Step Belajar HTML 5

 

 

Artikel Lainnya :