Google Forms - Cara Membuat Formulir Pendaftaran Online

  Rabu, 01 Agustus 2018

yesnetijen.web.id - Layanan Google Forms, selain dapat digunakan untuk membuat kuesioner online juga bisa dimanfaatkan sebagai metode pendaftaran event, di mana publik bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti acara yang akan digelar.

Proses pembuatannya pun semakin mudah dengan interface baru yang disematkan oleh Google. Yang belum pernah dan penasaran caranya, yuk ikuti panduan pemula berikut ini.

Pertama, silahkan menuju layanan Google Forms di http://forms.google.com/.

Login dulu ke akun Google, atau daftar akun baru kalau belum punya.

Setelah login, teman & temanwati netijen akan diberi pilihan membuat dokumen blank atau menggunakan template yang sudah ada.

Di kasus ini, saya menggunakan dokumen Blank.

 

Beri judul dan deskripsi dahulu, lalu mulailah menambahkan formulir sesuai kebutuhan.

Secara default sudah ada satu formulir, tinggal diedit saja tipenya. Ada banyak tipe formulir yang bisa dipakai.

Tetapi untuk jenis dokumen formulir, teman & temanwati netijen butuh hanya beberapa, seperti short answer, paragraph, dan file.

 

Untuk menambahkan formulir baru, klik tanda plus di bilah kanan layar teman & temanwati netijen.

 

Jangan lupa mengubah jenis formulirnya. Sesuaikan dengan data yang ingin dikumpulkan. Untuk alamat rumah, sebaiknya tipe paragrap karena pengguna membutuhkan ruang yang lebih lega.

 

Dan jika teman & temanwati netijen membutuhkan data yang harus diunggah, pilih tipe File Uploaddan tentukan jenis berkas yang boleh diunggah serta jumlah maksimumnya.

 

 

Menambahkan Gambar

yesnetijen.web.id - Selain membuat formulir dalam berbagai jenis, teman & temanwati netijen juga bisa menambahkan gambar untuk formulir yang dibuat.

Cukup klik formulir teratas kemudian klik tombol gambar di bilah paling kanan seperti di screenshot ini.

Mempercantik Formulir

 

teman & temanwati netijen juga bisa merombak tampilan formulir sehingga terlihat lebih menarik.

Caranya klik ikon cat di menu kanan atas. Kemudian dari sana teman & temanwati netijen bisa menambahkan gambar header,mengubah warna tema, latar belakang hingga jenis huruf.

 

Mengirimkan/Mempublikasikan Formulir Pendaftaran Online

Langkah terakhir yang pastinya teman & temanwati netijen butuhkan, adalah mendapatkan tautan yang nantinya akan ditampilkan ke publik untuk jadi jalur pendaftaran secara online.

Caranya klik tombol Send di sudut kanan atas.

 

Di popup yang muncul, ada tiga opsi yang teman & temanwati netijen bisa pergunakan, yaitu email,tautan dan semat. Cara termudah adalah dengan memilih opsi tautan (tengah), kemudian beri tanda di opsi shorten URL lalu copy.

Setelah disalin, bagikan tautan tersebut di sales letter atau di undangan digital event teman & temanwati netijen.

Selesai, teman & temanwati netijen sudah selesai membuat formulir pendaftaran secara online dengan Google Forms.



Buka File PDF Artikel     


Sebelumnya
Cara Blok Akses Internet Pada Aplikasi Tertentu
  Berikutnya
Cara Mengaktifkan Fitur Follow di Facebook

 

(0) Komentar

Beri komentar





Hanya komentar yang sudah di-approve admin yang tampil.

KESIMPULAN : yesnetijen.web.id - Layanan Google Forms, selain dapat digunakan untuk membuat kuesioner online juga bisa dimanfaatkan sebagai metode pendaftaran event, di mana publik bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti acara yang akan digelar. Proses pembuatannya pun semakin mudah dengan interface baru yang disematkan oleh Google. Yang belum pernah dan penasaran caranya, yuk ikuti panduan pemula berikut ini. Pertama, silahkan menuju layanan Google Forms di http://forms.google.com/. Login dulu ke akun Google, atau daftar akun baru kalau belum punya. Setelah login, teman & temanwati netijen akan diberi pilihan membuat dokumen blank atau menggunakan template yang sudah ada. Di kasus ini, saya menggunakan dokumen Blank.   Beri judul dan deskripsi dahulu, lalu mulailah menambahkan formulir sesuai kebutuhan. Secara default sudah ada satu formulir, tinggal diedit saja tipenya. Ada banyak tipe formulir yang bisa dipakai. Tetapi untuk jenis dokumen formulir, teman & temanwati netijen butuh hanya beberapa, seperti short answer, paragraph, dan file.   Untuk menambahkan formulir baru, klik tanda plus di bilah kanan layar teman & temanwati netijen.   Jangan lupa mengubah jenis formulirnya. Sesuaikan dengan data yang ingin dikumpulkan. Untuk alamat rumah, sebaiknya tipe paragrap karena pengguna membutuhkan ruang yang lebih lega.   Dan jika teman & temanwati netijen membutuhkan data yang harus diunggah, pilih tipe File Uploaddan tentukan jenis berkas yang boleh diunggah serta jumlah maksimumnya.     Menambahkan Gambar yesnetijen.web.id - Selain membuat formulir dalam berbagai jenis, teman & temanwati netijen juga bisa menambahkan gambar untuk formulir yang dibuat. Cukup klik formulir teratas kemudian klik tombol gambar di bilah paling kanan seperti di screenshot ini. Mempercantik Formulir   teman & temanwati netijen juga bisa merombak tampilan formulir sehingga terlihat lebih menarik. Caranya klik ikon cat di menu kanan atas. Kemudian dari sana teman & temanwati netijen bisa menambahkan gambar header,mengubah warna tema, latar belakang hingga jenis huruf.   Mengirimkan/Mempublikasikan Formulir Pendaftaran Online Langkah terakhir yang pastinya teman & temanwati netijen butuhkan, adalah mendapatkan tautan yang nantinya akan ditampilkan ke publik untuk jadi jalur pendaftaran secara online. Caranya klik tombol Send di sudut kanan atas.   Di popup yang muncul, ada tiga opsi yang teman & temanwati netijen bisa pergunakan, yaitu email,tautan dan semat. Cara termudah adalah dengan memilih opsi tautan (tengah), kemudian beri tanda di opsi shorten URL lalu copy. Setelah disalin, bagikan tautan tersebut di sales letter atau di undangan digital event teman & temanwati netijen. Selesai, teman & temanwati netijen sudah selesai membuat formulir pendaftaran secara online dengan Google Forms.

 

 

Step By Step Belajar HTML 5

 

 

Artikel Lainnya :